PAN

Pengamat: Zulkifli Hasan Lebih Berpeluang Pimpin PAN Ketimbang Hatta Rajasa

Perebutan kursi ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) mulai memanas. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan dikabarkan punya kans menjadi orang nomor satu di partai berlambang matahari itu pada Kongres PAN yang rencananya digelar Maret 2015 di Bali.

Ada beberapa alasan pria yang sebelumnya menjabat sebagai menteri Kehutanan itu punya peluang besar dibanding Hatta Rajasa yang digadang akan maju lagi. Selain menjadi besan Amien Rais yang saat ini menjabat ketua Majelis Pertimbangan PAN, ia juga disenangi oleh Presiden Joko Widodo.

Pengamat politik dari Universitas Parahyangan Bandung, Asep Warlan Yusuf juga berpandangan demikian. Kata dia, peluang itu ada di tangan Zulkifli.

“Kemungkinan besar Zulkuifli Hasan yang akan menjadi Ketua Umum PAN,” kata Asep , Selasa (30/12).

Zulkifli Hasan, lanjut Asep, akan unggul bila harus bertarung dengan Hatta Rajasa. Lebih-lebih secara faktual, Hatta Rajasa bukanlah siapa-siapa lagi dan sudah tidak lagi punya kekuataan untuk menjadi Ketua Umum PAN periode kedua

“Hatta bukan lagi seorang menteri, sementara status besan SBY bukanlah faktor utama untuk mendulang dukungan,” ungkap Asep.

Namun demikian, Asep memberi catatan, bahwa politik di PAN masih sangat dinamis. Dan tentu saja juga, ini akan sangat terpengaruh oleh sikap Amien Rais. Amien Rais adalah sosok yang masih menjadi penentu ketua umum PAN nanti. (jp/rm/ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close