DaerahHukum

Penggelembungan Suara di Ciamis Merata, Bawaslu Turun Tangan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI kembali menegaskan temuan indikasi manipulasi rekapitulasi perolehan suara dalam pemilu legislatif di Kab. Ciamis, Jawa Barat. Komisioner Bawaslu Daniel Zuchron mengatakan manipulasi rekapitulasi perolehan suara ini berkaitan pula dengan politik uang. Indikasi pelanggaran ini terjadi masif di sejumlah dapil di Ciamis utara, Ciamis tengah, dan Ciamis selatan.

“Itu pelanggaran terkait rekapitulasi yang janggal karena ada lonjakan yang dilaporkan oleh partai lain. Ini terkait juga dengan dugaan money politics sebelum pemungutan suara. Itu masif di sejumlah dapil baik di Ciamis utara, tengah, dan selatan,” kata Daniel yang menjadi Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu ini kepada “PR” Online, di Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Daniel mengatakan bawaslu memperoleh laporan ini secara langsung dari beberapa parpol. Dia mengatakan bawaslu turun karena pelanggaran yang terjadi menyangkut upaya sistematis. “Jumlahnya signifikan dan ada kaitannya dengan penolakan sejumlah parpol atas hasil yang diperoleh calon,” kata Daniel. (PR/ipol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close