Internasional

Pengungsi Venezuela Terus Berdatangan ke Brasil

Warga kota Pacaraima membakar kamp-kamp pengungsi Venezuela pada 18 Agustus 2018. (Foto: AFP/Isac DANTES)

Pacaraima: Pengungsi Venezuela yang melarikan diri dari negara mereka terus berdatangan ke Brasil, Senin 20 Agustus 2018, meski ada ancaman aksi kekerasan terhadap mereka dari sekelompok warga lokal di wilayah perbatasan.

Aksi kekerasan terjadi usai seorang pemilik toko di Pacaraima dirampok, ditikam, dan dipukuli beberapa hari lalu. Empat pengungsi Venezuela dituduh sebagai pelaku perampokan tersebut.

Baca: Sekelompok Warga Brasil Serang Pengungsi Venezuela

Seperti dilansir dari AFP, dua hari setelah terjadi bentrokan antara warga Brasil dengan pengungsi Venezuela, wilayah perbatasan kedua negara yang dijaga tambahan pasukan keamanan kembali ramai. 

Seorang kolonel militer Brasil menyebut sekitar 900 pengungsi Venezuela mungkin akan datang ke kota Pacaraima pada Senin. Jumlah itu lebih besar dua kali lipat dari biasanya, yang dinilai berpotensi menyulut kembali konflik.

Meski terancam terkena aksi kekerasan dari warga perbatasan Brasil, para pengungsi Venezuela mengaku harus meninggalkan negaranya yang dilanda krisis ekonomi dan politik.

Venezuela yang dulu makmur di bawah Presiden Nicolas Maduro kini terjerembab ke jurang krisis. Mata uang Venezuela kini sudah hampir tidak memiliki nilai, dan barang-barang kebutuhan pokok pun sulit didapatkan warga.

Menteri Keamanan Brasil Sergio Etchegoyen berkukuh negaranya akan tetap membuka perbatasan bagi pengungsi Venezuela. "Menutup perbatasan tidak dapat dilakukan karena itu ilegal," ujar dia.

Akhir pekan kemarin, pemerintah Brasil memutuskan mengirim tambahan pasukan elite dan tim medis ke wilayah perbatasan untuk membantu pengungsi Venezuela.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close