Penunggak Pajak Mobil-Motor Akan Didatangi ke Rumah

  • Whatsapp
Petugas pajak saat melayani para wajib pajak

INDOPOLITIKA.COM – Jika Anda memiliki mobil atau motor namun belum membayar pajak, siap siap saja didatangi petugas pajak di rumah.

Ya, Pemprov DKI Jakarta sedang gencar melakukan peningkatan pemasukan pajak salah satunya dengan melakukan cara jemput bola, seperti razia door to door.

Baca Juga:

“Kita ingin lakukan cara door to door. Pertama, kita berikan surat imbauan agar yang bersangkutan segera membayar kewajiban pajaknya, kalau tidak ada iktikad baik untuk membayar, kita datangi rumahnya,”  kata Kepala Unit PKB dan BBNKB Samsat Jakarta Selatan, Khairil Anwar, Senin (28/10/2019).

Setiap bulan, Khairil mengaku pihaknya mengirimkan sekitar 2.000 surat imbauan kepada warga wajib pajak, yang belum mendaftarkan ulang kendaraannya. “Kita kejar terus ya, jadi setiap bulan kita kirim surat peringatan sekitar 2.000 surat per bulan,” ujar Khairil.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan razia Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jika ada pengendara yang kedapatan tidak membawa STNK atau STNK yang dibawa sudah lewat jatuh tempo, maka akan ditilang.

Layanan Samsat keliling juga dibuka di tempat-tempat umum untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. “Ada juga upaya lain, seperti sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat di Car Free Day Bundaran Hotel Indonesia. Itu dilakukan bergantian tiap samsat setiap minggu,” tambahnya.

Diketahui, program pengurangan pokok pajak dan penghapusan denda administrasi ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kendaraan bermotor yang belum didaftarkan ulang sebanyak 4 juta unit. Program ini dilaksanakan pada 16 September 2019 hingga 30 Desember 2019.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *