Hukum

‘Perangi’ Karhutla, Catat! Kapolri Sampai Bentuk Tim Khusus

Kok PT SSS Hingga Kini Cuma Baru Terbukti Kelalaiannya Saja…

INDOPOLITIKA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian secara terbuka ‘memerangi’ kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang saat ini terjadi di beberapa provinsi. Bekas Kepala Detasemen Khusus 88 ini sudah menerbitkan surat perintah kepada enam tim disetiap daerah yang akan secara langsung melakukan pengecekan serta evaluasi penanganan karhutla.

“Tim hari ini sudah bergerak semuanya untuk mengecek dan evaluasi sejauh mana penanganan karhutla di tiap-tiap provinsi,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetya.

Lebih lanjut, Jenderal Dedi mengklaim saat ini titik panas karhutla perlahan sudah mengalami penurunan. Saat ditanya penanganan lebih lanjut terkait penanganan kasus karhutla yang sudah mentersangkakan korporasi PT SSS? Jenderal Dedi menyebutkan saat ini PT SSS baru terbukti kelalaiannya saja, belum ditemukan bukti unsur kesengajaan. Karena itu kepolisian akan terus mendalami masalah hukum yang terjadi pada PT SSS.

Dedi menambahkan apabila ditemukan pelanggaran hukum, maka PT SSS dikenakan pasal administratif dan akan dicabut izin pengelolaan lahannya.  Demikian masalah penegakan hukum yang dilakukan. Tim ini akan selalu melakukan evaluasi,” tutupnya. [sgh]

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
Close