INDOPOLITIKA.COM – Sejumlah pintu air di Jakarta diberlakukan status siaga dengan tingkatan bervariasi usai sejumlah wilayah di Jakarta diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi di awal tahun baru 2020.

Untuk pintu air Karet, saat ini diberlakukan status siaga 1. Sementara, kondisi cuaca wilayah DKI Jakarta dan sekitar umumnya masih turun hujan.

“Pukul 05.00 Wib, tinggi muka air 660 cm/hujan Siaga 1,” tulis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Rabu, (1/1/2020).

Peningkatan status pintu air Karet ini terus mengalami peningkatan sejak pukul 02.00 dini hari tadi. Curah hujan yang tinggi membuat statusnya terus ditingkatkan untuk kewaspadaan.

BPBD mengingatkan Status Siaga 1 pintu air Karet membuat sejumlah daerah potensi terdampak perlu antisipasi. Antara lain, Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Petamburan dan Tomang.

“Penyebaran informasi kepada lurah serta warga yang tinggal di bantaran kali atas kenaikan tinggi muka air PA Karet 660 cm/ujan Siaga 1 melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, WhatsApp dan website,” tulisnya.

Sementara itu, TMC Polda Metro Jaya melalui akun twitter di Jakarta, Rabu, menyebutkan banjir terjadi di beberapa wilayah di Jakarta di antaranya di Perumahan Setneg Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Banjir disebutkan terjadi sekitar pukul 05.00 WIB dengan ketinggian air sekitar 30 hingga 50 cm.

Selain itu, di beberapa wilayah di ibu kota juga terjadi banjir di antaranya di Kampus Borobudur di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur dengan ketinggian air diperkirakan mencapai hingga 40 cm.

Banjir juga terjadi di perumahan warga di Kelurahan Gedong di Pasar Rebo, Jakarta Timur dengan ketinggian air diperkirakan mencapai 30-70 cm.

Banjir juga melanda perumahan warga di Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara.

Kawasan Jalan Bambu Kuning Kelurahan Cengkareng Barat, Jakarta Barat juga dilaporkan terjadi banjir dengan ketinggian air mencapai 50-60 cm.

Khusus tagar banjir ini, akun @TMCPoldaMetro pun terlihat sudah dibanjiri berbagai info banjir, genangan dan ketinggian air di berbagai titik lokasi, bahkan sejak dini hari begitu memasuki tanggal 1 Januari, hingga pagi ini. Tagar dan topik mengenai banjir juga masuk ke dalam Trending Topic Twitter Indonesia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi terjadi hujan di seluruh wilayah Jakarta pada malam tahun baru. [rif]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com