Peringatan Hari Pramuka Ke-59, Ini Pesan Kak Isdianto untuk Kwarda Kepri

  • Whatsapp
Gubernur Kepri, H Isdianto yang juga Ketua Majlis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Kepulauan Riau foto bersama usai menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-58 di halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (19/8/2019)

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Isdianto menyampaikan pesan penting dalam memperingati Hari Pramuka yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 14 Agustus. Tahun ini, peringatan tersebut berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini lantaran kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, namun tak mengurangi pesan moral dari peringatan Hari Pramuka yang ke-59 tahun ini.

“Selamat Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang ke 59. Pada momen ini tentu kita semua sepakat ingin para pemuda kita ini sukses nantinya. Jadi generasi yang tangguh dan tumbuh subur walau berada dimana saja. Seperti tunas kelapa,” kata Isdianto di kawasan Batam Centre sesaat sebelum bertolak ke Tanjungpinang, Jumat (14/08).

Berita Lainnya

Isdianto yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kepri Kwarda Kepri ini mengatakan bahwa Gerakan Pramuka ikut menjadi bagian penting dari masyarakat yang terlibat aktif dalam ikhtiar untuk kemajuan Kepri. Lebih jauh, Isdianto mengatakan salah satu upaya membangun Kepri maju adalah dengan kolaborasi dan dengan kebersamaan. Maka menurutnya, Gerakan Pramuka perlu menjadi mitra pemerintah dalam memajukan ekonomi yang inklusif, diantaranya dengan mendukung program-program Pemprov Kepri yang telah dicanangkan.

Selain itu, kondusifitas sosial-politik harus stabil sehingga Gerakan Pramuka wajib menjadi garda terdepan dalam menjaga perdamaian persatuan bangsa di iklim demokrasi.

“Jika kita selalu bersatu dan kompak, Insyaallah kita akan mampu melewati setiap persoalan seperti kondisi pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi ini,” imbuhnya.

Untuk itu, Isdianto yang juga merupakan Calon Gubernur Kepri ini pun menyebut generasi muda baik milenial maupun Gen Z harus punya nilai kompetitif dan produktif, salah satunya keteladanan yang sudah tercermin dalam kegiatan Pramuka.

“Kepemimpinan terbaik adalah dengan keteladanan. Saya mendorong terus program-program agar Pramuka Kepri jadi keteladanan untuk nilai-nilai kebangsaan,” tambahnya.

Isdianto berharap Pramuka turut menguasai kemampuan digital agar para anggota Gerakan Pramuka mampu berdaya saing di era Revolusi Industri 4.0. Selain itu, Pramuka juga selaras dengan prinsip ahlaqul karimah dalam Islam sebagai upaya mencetak pemuda yang berakhlak mulia, religius, cerdas, dan memiliki fisik yang prima.

“Pramuka telah tampil sebagai kawah candra dimuka, tempat menempa generasi muda kita menjadi pribadi yang tangguh dan tumbuh sebagai calon pemimpin masa depan yang visioner,” jelasnya.

Gerakan Pramuka Kepri, lanjutnya, harus terdepan dalam segala hal, terutama menghadang narkoba, terdepan membela Pancasila, melawan radikalisme, dan menjadi terdepan sebagai pemuda teladan, pemuda percontohan bagi pemuda lainnya di Kepri.

“Jangan berkelahi apalagi tawuran. Generasi Kepri harus cerdas, bijak dan tidak gampang tersulut emosi. Kakak yakin, generasi Kepri hebat-hebat dan terbukti pendidikan kita berada di urutan ke-2 se Indoneaia. Ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *