Internasional

Peringatan HUT ke-73 RI di Wina Tekankan Semangat Persatuan

Peringatan HUT ke-73 RI di Wina, Austria. (Foto: KBRI Wina)

Wina: Indonesia harus tetap bersatu, berbagi, dan peduli pada sesama anak bangsa tanpa membeda-bedakan asal usul suku, agama, ataupun golongan. Hal ini bertujuan agar Indonesia menjadi sebuah kekuatan yang disegani bangsa-bangsa lain di dunia.

Demikian dismapaikan Duta Besar RI untuk Republik Austria dan Republik Slovenia, Dr. Darmansjah Djumala dalam amanatnya di upacara peringatan HUT ke-73 Proklamasi RI yang diselenggarakan KBRI Wina pada Jumat 17 Agustus 2018, pukul 10.00 waktu setempat.

“Dengan semangat persatuan, peduli, dan berbagi, ditambah kerja bersama, kita akan mampu menghadapi seluruh tantangan masa depan, mencapai prestasi bangsa,” ujar Dubes Djumala.

Terkait solidaritas dan peduli antar sesama anak bangsa, Dubes Djumala juga mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama berdoa bagi masyarakat Indonesia di Nusa Tenggara Barat yang tertimpa musibah gempa bumi. Ia berharap proses pemulihan dan rekonstruksi pascagempa dapat berjalan lancar.


Dubes Djumala dalam peringatan HUT ke-73 RI. (Foto: KBRI Wina)

Lebih jauh, Dubes Djumala juga menyampaikan, sebagaimana amanat Presiden RI Joko Widodo, perlunya dipastikan bahwa negara bekerja nyata mengurus dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Pengejawantahannya di Perwakilan RI adalah melalui pelayanan bagi WNI yang berada di negara akreditasi.

KBRI Wina dalam hal ini senantiasa melakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan WNI melalui pembinaan hubungan baik dengan masyarakat Indonesia di Austria dan Slovenia.

Terkait pelaksanaan diplomasi di negara akreditasi, Dubes Djumala mengemukakan bahwa diplomasi harus memberi manfaat nyata bagi rakyat dan mengacu kepada kepentingan rakyat secara riil.

Untuk itu, KBRI Wina akan terus aktif mempromosikan pariwisata dan produk-produk ekspor unggulan Indonesia ke pasar Austria sebagai bentuk dukungan riil terhadap pembangunan ekonomi Indonesia.

Di bidang diplomasi budaya, KBRI Wina telah secara intensif melakukan berbagai kegiatan promosi seni-budaya Indonesia di Austria. Mulai Maret 2018, KBRI Wina bekerja sama dengan University of Vienna telah membuka program pengajaran Bahasa Indonesia bagi mahasiswa dan tenaga pengajar di institusi tersebut.

Dalam konteks multilateral, Dubes Djumala menyampaikan bahwa KBRI Wina terus berupaya meningkatkan diplomasi multilateral. Sejak bulan September 2017, Indonesia telah dipercaya untuk menjabat Ketua Dewan Gubernur IAEA, memimpin 170 negara anggota IAEA dalam pertemuan-pertemuan untuk menentukan kebijakan program dan arah kerja IAEA.

Berkat kerja keras dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia, Indonesia mendapatkan apresiasi dari negara-negara anggota lainnya atas kiprah kepemimpinan di IAEA.

Peringatan HUT ke-73 RI kali ini ditutup dengan acara pemotongan tumpeng dan foto bersama dengan masyarakat Indonesia. Sebagai bagian dari tradisi KBRI/PTRI Wina, potongan tumpeng pertama diserahkan langsung oleh Dubes RI kepada WNI senior dan anggota Diaspora Indonesia senior di Austria sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi yang diberikan dalam ikut mensukseskan program-program kegiatan KBRI Wina terkait penguatan hubungan bilateral RI-Austria.


Peringatan HUT ke-73 RI di Wina. (Foto: KBRI Wina)

Dalam kesempatan kali ini, potongan tumpeng pertama diserahkan kepada ibu Nurani Setiadipradja, seorang warga negara Indonesia yang telah berdiam lama di Austria,  dan Bapak Robert Dani, diaspora Indonesia pemilik usaha travel di kota Wina.

Upacara pengibaran bendera merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 yang diselenggarakan oleh KBRI/PTRI Wina.

Sebelumnya, KBRI/PTRI Wina juga mengadakan berbagai lomba olahraga yang diikuti masyarakat Indonesia di Austria. Di samping upacara dan lomba olah raga, KBRI/PTRI Wina juga akan menggelar acara Pesta Rakyat pada 25 Agustus dan Resepsi Diplomatik pada 7 September.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close