Perludem Usulkan Hapus Ambang Batas Capres

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Wacana revisi paket UU politik mendapat dukungan dari kelompok civil society. Direktur Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan, mendukung revisi UU paket pemilu tersebut. Salah satu yang dia usulkan yaitu penghapusan ambang batas pencalonan presiden.

Menurut dia, masyarakat harus diberi banyak pilihan calon presiden. Sehingga lebih besar peluang dan kemungkinan terpilihnya presiden yang ideal. Calon presiden yang muncul dalam Pilpres juga makin banyak.

Baca Juga:

“Sesuai rekom saya, ambang batas pencalonan presiden semestinya dihapuskan. Agar pemilih lebih punya beragam pilihan,” katanya, Senin (4/11/2019).

Salah satu pelajaran penting dari pelaksanaan Pemilu 2019 adalah polarisasi yang kuat di masyarakat. Masyarakat terbelah ke dalam dua kutub yang saling bertentangan. Satu sama lain saling berhadap-hadapan.

“(Penghapusan ambang batas presiden) juga untuk menghindari polarisasi membelah yang terjadi pada proses pemilu. Semua peserta pemilu bisa mencalonkan presiden,” katanya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *