Pernah Kolaps Karena Corona, Italia Kini Umumkan Bebas Covid-19

  • Whatsapp
Italia bebas masker pada 28 Juni 2021. /Pixabay/Selim Geçer

INDOPOLITIKA.COM – Warga negara Italia bersukacita setelah pemerintahnya mengumumkan seluruh wilayah negara Italia telah menjadi zona hijau atau bebas dari penyebaran wabah Covid-19.

Karenanya, pemerintah Italia mengizinkan warganya untuk melepas masker di area publik.

Berita Lainnya

Dalam dekrit yang mulai berlaku hari ini, Senin, (28/6/2021), kementerian kesehatan untuk pertama kalinya mengklasifikasikan 20 wilayah Italia berisiko rendah covid-19.

Itu artinya, masker wajah tidak lagi wajib dipakai di area luar ruangan. Tentu saja ini menjadi berita gembira di seluruh negeri, ketika adanya gelombang panas yang diperkirakan akan mendorong suhu melewati 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) di beberapa wilayah selatan minggu ini.

Pengumuman ini tentu saja menjadi capaian sukses Italia, yang dulu pernah mengalami krisis virus corona di Eropa Barat, dengan jumlah kasus positif sangat tinggi. Tapi, kasus positif infeksi dan kematian Covid-19 menurun dalam beberapa pekan terakhir.

Selain itu, sepertiga penduduk Italia di atas usia 12 tahun telah divaksinasi per 27 Juni, atau 17.572.505 orang.

Wilayah terakhir yang masih diklasifikasikan sebagai zona ‘kuning’, Valle d’Aosta, akan bergabung dengan wilayah lainnya di zona berisiko rendah, yang berarti sebagian besar aturan dapat dilonggarkan.

“Dengan dekrit yang baru saja saya tandatangani, seluruh Italia akan ‘putih’ mulai Senin. Ini adalah hasil yang menggembirakan, tetapi kami masih membutuhkan kehati-hatian dan kehati-hatian,” tulis pernyataan pemerintah dilansir dari Times of India.

Tapi dia juga menegaskan pertempuran belum dimenangkan karena saat ini ada varian virus corona yang lebih menular, masih mengancam.

Sekadar informasi, di Italia, lebih dari 127 ribu orang telah meninggal karena Covid-19. Sedangkan, lebih dari 4 juta orang telah terinfeksi virus itu sejak tahun lalu. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *