Pernyataan Rabun Ayam Amien Rais, Strategi Menaikan Harga PAN?

  • Whatsapp
Tokoh Senior PAN Amien Rais (ist)

Amien Rais mengingatkan agar elit-elit PAN tidak tergesa-gesa mengambil sikap untuk gabung koalisi Jokowi-Maruf, apalagi hanya dengan satu kursi tanpa mempertimbangkan 10 juta suara yang telah memilih PAN pada pemilihan legislatif tahun 2019.

Suara-suara yang terpendam pasca pemilu 2019 di internal PAN mulai bergemuruh, seperti halnya organisasi politik laiinya sikap PAN terbelah dua. Politisi muda PAN, Faldo Maldini paling semangat diberbagai media untuk menujukan sikap PAN yang sudah berbeda dengan koalisi Prabowo-Sandi.

Bacaan Lainnya

Sikap mendukung pernyataan Amien Rais, diutarakan Wakil Sekretaris Jenderal Shaleh Daulay. Menurutnya PAN harus mempertimbangkan saran Amien Rais agar tidak tergiur iming-iming menteri. Sebagai pendiri dan tokoh senior saran Amien Rais sangat penting untuk dipertimbangkan.

Kemungkinan PAN untuk tegak lurus di oposisi rasanya sulit untuk terwujud, contoh paling dekat dari gaya berpolitik PAN terlihat pasca pemilu 2014. Setelah mengusung Hatta Rajasa sebagai wakil presiden mendampingi Prabowo dan kalah, PAN tetap tegak lurus di opisisi.

Sikap tetap di oposisi pada 2014 tidak terlepas dari kursi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang didapatkan PAN, tak sampai setahun pada September 2015 PAN bergabung dengan pemerintahan Jokowi. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di dapatkan PAN.

Pemilu 2019 kondisinya berbeda, Prabowo-Sandi tak hanya kalah di eksektutif, tapi koalisinya juga keok di parlemen. Maka dinamika internal PAN tak terlepas dari kemungkinan kembali mendapatkan jatah satu kursi menteri dari Jokowi, namun dirasa kurang untuk 10 juta suara. Sosok Amien Rais paling pas untuk melontarkan keinginan tersebut, karena dikenal aktif mengkritik Jokowi.

Dengan gemuknya koalisi, sulit rasanya PAN untuk dapat lebih dari satu kursi menteri. Namun pernyataan Amien Rais tentang rabun ayam akan tetap dijadikan pertimbangan oleh Jokowi dan koalisinya. (TRA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *