Internasional

Persamaan Indonesia-Meksiko dalam Potret Kehidupan

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu Mohammad Anshor (kiri) dan Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Armando Alfares (kanan). (Foto: Marcheilla Ariesta/ Medcom.id).

Jakarta: Kedutaan Besar Meksiko di Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI menggelar pameran foto bertajuk 'Saling Menatap' atau 'Miradas Cruzadas'. Pameran tersebut juga sebagai salah satu dari perayaan 65 tahun hubungan Indonesia dan Meksiko.

Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Armando Alfares mengatakan pameran ini digelar untuk menunjukkan persamaan yang dimiliki Indonesia dan Meksiko. 

"Kita bisa melihat dari foto-foto ini bagaimana kehidupan di Indonesia dan Meksiko sama. Kita beragam. Tak hanya dari segi masyarakat, namun juga dari politik dan ekonominya," ucap Alfares di Kantin Diplomasi Kemenlu RI, Jakarta, Senin, 23 Juli 2018.

Pameran foto ini merefleksikan berbagai aspek kehidupan yang berbeda, baik di Indonesia dan Meksiko. "Kami sama-sama menghargai nilai kekeluargaan, kita memiliki tradisi yang tidak jauh berbeda, festival menari dan lain sebagainya," imbuh dia.


Pameran foto Saling Menatap Indonesia-Meksiko di Kantin Diplomasi, Kemenlu RI. (Foto: Marcheilla/Medcom.id)

Alfares mengatakan selama 65 tahun menjalin hubungan persahabatan, Indonesia dan Meksiko merupakan dua negara yang terus maju bersama. Dia berharap potret yang terpampang di pameran tersebut menjadi saksi bagaimana kedua negara bertumbuh dan maju.

Dia menambahkan sejak awal hubungan Indonesia dan Meksiko memiliki karakteristik persahabatan yang saling menguntungkan dan menghormati satu sama lain. 

"Indonesia dan Meksiko memiliki keunikan masing-masing, namun pada saat yang sama, dengan semangat muda dan nasionalisme, serta individu yang unik, kami melihat masa depan gemilang," ungkap dia.

Gambar yang dipamerkan di Kantin Diplomasi Kemenlu ini merupakan hasil tangan dingin fotografer Indonesia Desiree Harahap dan fotografer Meksiko Marcela Taboada. Keduanya saling mengunjungi negara asal masing-masing dan memotret kegiatan sehari-hari masyarakat di sana.

"Foto yang kami hasilkan merupakan saksi mata dari berbagi nilai, kebanggaan, warna, dan semangat dalam jiwa orang Indonesia dan Meksiko," pungkas Desiree.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close