Pemerintahan

Persiapan Koordinasi Mudik Lebaran Antar Kementerian

JAKARTA– Kantor Staf Presiden (KSP) menggelar rapat antar Humas Kementerian dan Lembaga terkait persiapan mudik Lebaran 2018 untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kelancaran mudik bulan Juni mendatang. Salah satu yang akan berbeda dengan lebaran tahun-tahun sebelumnya adalah KSP akan mengintegrasikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh para pemudik dalam satu portal bersama yang menggabungkan semua informasi dari berbagai kementerian dan lembaga. Portal itu dinamakan Info Mudik (infomudik.go.id) Dalam rapat yang diadakan di kantor KSP dan digawangi oleh Kedeputian I dan Kedeputian IV pada 22 Mei 2018 tersebut, hadir para Humas dari Kementerian Perhubungan, Kominfo, Kementerian Kesehatan, BMKG dan Humas dari sejumlah BUMN terkait, antara lain Pertamina, KAI, Jasa Marga, Waskita Karya, Angkasa Pura I dan II dan sejumlah perwakilan lainnya.

Rapat koordinas dibuka oleh Deputi IV KSP Eko Sulistyo yang sangat mengapresiasi kesungguhan semua Kementerian dan Lembaga terkait dalam mempersiapkan mudik lebaran yang lebih aman, nyaman dan lancar. “Untuk memudahkan para pemudik, sangat diperlukan navigasi informasi yang terpadu atau terintegrasi dari semua stake holder sehingga para pemudik mudah mendapatkan informasi apa saja yang mereka butuhkan,” tutur Eko saat membuka rapat. Dengan navigasi informasi yang user friendly dan mengintegrasikan semua informasi dari Kementerian dan Lembaga, maka para pemudik bisa dengan mudah mengetahui dimana saja pos layanan kesehatan yang disediakan Kementerian Kesehatan, dimana bisa mendapat BBM di sepanjang jalan tol, dimana ada toilet umum atau bagaimana menghubungi mobil derek jika pemudik mengalami gangguan kendaraan.

Dalam mudik tahun ini Kemenkes bekerja sama dengan Polri mulai H-7 sampai + 7 dengan menyiapkan puskesmas, pos, rest area, dan menyiapkan ambulans 119 dan sepeda motor 119, disiapkan di seluruh kecamatan yang melalui jalur mudik. P3K mengunakan motor ke Puskesmas, menyediakan 16.000 SDM untuk mudik kali ini. Tahun ini istimewa karena liburnya lebih panjang, hari terakhir kerja tanggal 8 Juni, sehingga harus ada skema khusus dari semua K/L untuk mensikapi.

Humas Jasa Marga juga berupaya keras agar tahun ini fungsi rest area bisa lebih baik dan tidak justru menjadi salah satu penyebab kemacetan. Di gardu-gardu tol akan disiapkan alat portable untuk membayar tol. Petugas akan jemput bola ke para pemudik. Sementara untuk pekerjaan konstruksi sudah sesuai dengan instruksi dari Kementerian Perhubungan dan PUPR, yaitu berhenti pada H – 10, sehingga persiapan bisa lebih optimal, termasuk pemasangan rambu dan pagar.

Optimalisasi mobil derek dan ambulans bekerja sama dengan Kepolisian dan bekerja sama dengan menyediakan posko dan fasilitas kesehatan bagi pemudik, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Propinsi. Selain itu juga mengoptimalkan jalur tol yang belum dibuka menjadi fungsional. Rest area yang sudah ada dioptimalkan, rest area area yang belum permanen akan di lakukan pengecoran dasar/lantai, termasuk penyediaan tambahan toilet portable yang lebih optimal, dan penambahan toilet bagi wanita. Kerjasama dengan pertamina untuk menyediakan BBM Portable kemasan khusus. Di seluruh rest area akan diisi Pertamina untuk pelayanan BBM portable.

Rest area diatur dengan sistem zoning, yaitu memisahkan kendaraan yang akan mengisi BBM dengan kendaraan yang hanya ingin beristirahat atau sholat. Rest area juga akan dilengkapi dengan mesin penghitung jumlah kendaaan yang masuk seperti yang biasanya terdapat di tempat-tempat parkir. Sementara dari BMKG sudah menyediakan aplikasi di google play, mengenai cuaca, sudah koordinasi dengan perhubungan, membuat posko di seluruh propinsi, termasuk posko mudik di bandara propinsi. Aplikasi ini bisa di aksesa dari android maupun iphone.

Semua persiapan yang sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya itu akan diintegrasikan melalui portal infomudik.go.id yang dikelola oleh Kedeputian I dan IV KSP sehingga bisa dinikmati secara maksimal oleh semua pemudik. Para pengelola portal infomudik yang hadir dalam rapat koordinasi tersebut antara lain Happy Harinto, Robertus Theodore, Dany Darwis, Gabriel Sudjajanto, FX Rudy Gunawan.

Tags

Artikel Terkait

Close
Close