Pertajam Wawasan, Pemenang Sayembara Desain Dikirim ke Calon Ibu Kota Negara

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengirim 3 (tiga) pemenang teratas Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) ke lokasi calon IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk penajaman gagasan desain dengan kondisi lapangan.

“Diharapkan dengan melihat ke lokasi, akan didapatkan pengalaman dan sense terbaik sebagai dasar penyusunan detail desain yang akan dimulai tahun 2020,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kemarin.

Berita Lainnya

Survei langsung ke lapangan yang akan dilaksanakan pada Januari 2020 selama 2-3 hari ini, Menteri PUPR berharap para pemenang desain akan mendapatkan gambaran langsung untuk bisa menyusun desain yang lebih terinci yang mengadopsi kondisi alam dan budaya Kalimantan serta mencerminkan visi Indonesia kedepan.

Menurut dia, survei lapangan juga diperlukan untuk memastikan rancangan yang akan disusun telah sesuai dengan rencana lokasi pembangunan prasarana dasar seperti Bendungan Sepaku Semoi yang akan dibangun pada 2020. Detail desain akan dimulai dari titik pusat Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)-IKN untuk rencana pembangunan prasarana dasar yakni jalan, bendungan, dan drainase dengan luasan 4.000 – 6.000 ha.

“Terkait pembangunan jalan menuju IKN juga harus dilaksanakan dengan hati-hati, karena di hulu lokasi IKN tepatnya di Teluk Balikpapan terdapat tempat yang menjadi habitat Bekantan yang harus dilindungi. Bekantan ini hanya ada di Kalimantan dan mungkin terbanyak di Teluk Balikpapan, untuk itu akan dilindungi dengan pagar sehingga tidak akan terdampak pembangunan,” terang Basuki.

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *