INDOPOLITIKA.COM – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) untuk mudik Lebaran 2024 melimpah.

Bos Pertamina itu bercerita stok BBM seringkali dipertanyakan apakah bisa memenuhi kebutuhan.

“Kami sudah menambah stok sejak satuan tugas (Satgas) Natal dan tahun baru (nataru), Satgas Pemilu, dan sekarang Satgas Ramadan dan Idulftri (Rafi) ini stoknya jauh lebih tinggi. Kami perkirakan untuk peningkatan (stok) 56 persen,” klaim Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Kamis (28/3).

“Biasanya gasoline (bensin) 18 hari-20 hari (ketahanan stok), ini kami sediakan 30 hari (rata-rata ketahanan stok semua jenis BBM Pertamina),” tegasnya.

Selain BBM, Nicke memastikan ketersediaan stok bahan bakar avtur untuk pesawat terbang juga tahan 38 hari. Sedangkan pasokan gasoil, seperti solar, dex, dan dexlite rata-rata mampu bertahan selama 22 hari.

Ia menegaskan stok yang disediakan Pertamina untuk menjaga keamanan mudik sangatlah tinggi. Begitu pula di sektor LPG yang diprediksi tahan dalam 15,31 hari.

Nicke juga merinci sejumlah fasilitas yang disiapkan Pertamina dalam menjaga mudik tahun ini. Ia mengatakan ada sekitar 115 terminal BBM (TBBM), 30 terminal LPG, hingga 7.400 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan lantas menjelaskan stok dan ketahanan dua jenis BBM yang paling diburu konsumen. Ia mengatakan ada 82.508 kiloliter (KL) per hari produksi pertalite, di mana akan tahan sekitar 24,89 hari.

Sementara itu, produksi pertamax mencapai 13.689 KL per hari. Stok bahan bakar ini diperkirakan tahan selama 42,43 hari.

Pertamina mengatakan penugasan Satgas Rafi dimulai sejak 25 Maret 2024 dan akan berakhir pada 21 April 2024.(red)

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com