Nasional

Pertemuan Presiden Dengan Para Mantan Presiden & Mantan Wakil Presiden Memikat Hati Rakyat

Jakarta – Peringatan detik-detik proklamasi tahun ini diwarnai banyak keindahan. Ada banyak figur nasional memakai pakaian adat termasuk para manta petinggi negara. Hadiah sepeda dari presiden yang jadi ritual indah di era Jokowi juga menjadi perhatian banyak pihak. Istri mantan wakil presiden Boediono tampak yang jadi salah satu penerima hadiah itu, ia memakai pakaian adat dayak dan mendapatkan sepeda presiden atas pakaiannya itu. Ada juga istri wakil ketua MPR Mahyudin yang terlihat mendorong sepeda hadiahnya dengan wajah sumringah. Jokowi memang berhasil membuat suasana peringatan kemerdekaan negaa menjadi begitu membahagiakan, khidmat dan warna-warni.

Dari rentetan aktivitas peringatan kemerdekaan RI ke-72 itu ada photo yang viral dan mendapat amat banyak pujian yaitu photo bersama para mantan presiden. Tampak dalam gambar ada Pak Habibie, Ibu Megawati, Pak SBY dan Pak JK. Pada photo yang lain ada juga tampak mantan semua mantan wapres kecuali Pak Hamzah Haz. Kedua photo itu mendapat tanggapan positif dari para pengamat, baik yang selama ini rajin membela Jokowi sehingga terkesan seperti juru bicara, maupun dari yang getol mengkiritk sehingga tampak seperti tokoh opoisis, juga dari pengamat yang netral. Mereka menyatakan pertemuan para mantan presiden, mantan wakil presiden dengan Jokowi-Jk adalah hal positif.

Pengamat politik dari kantor Konsepindo Research & Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman menyatakan Jokowi berhasil menempatkan diri sebagai pemersatu. Sikap politiknya yang lentur tetapi tegas telah membuat banyak pihak mengakui baik secara terang-terangan maupun diam-diam akan kepiawaiannya mengelola konflik. Jokowi juga telah berhasil membangun tradisi baru bahwa menjadi presiden tidak melulu harus didatangi, disalami tetapi justru ia yang menyapa, menyalami satu-persatu para undangan di bagian depan. “Pak Jokowi itu rendah hati, sepanjang ia yakini baik akan dijalaninya. Politik hati ini pasti akan melegakan. Kalau main hati, semua akan tersentuh, sepanjang punya hati. Coba lihat komentar Prof. Yusril yang tak bisa menutupi kebahagiaannya salam disalami Jokowi, itu ada di twitternya,” ujar Veri kepada wartawan.

Veri menambahkan, bukan tidak mungkin ke depan para mantan presiden akan punya forum pertemuan bisa saja di setiap tujuhbelasan. Yang jelas kehadiran SBY di acara itu dan kebersediaan untuk tampil bersama Megawati adalah simbol persatuan. Tak ada perbedaan yang tak bisa diselesaikan, jika tak selesai sekalipun bukan berarti tak bisa bersama. “Bu Mega dan Pak SBY kan sudah pada sepuh, masa mau kucing-kucingan terus. Bagus ada Pak Jokowi yang menengahi, kita sedang butuh negarawan ditengah banyaknya tokoh yang tak patut jadi teladan karena kasus korupsi atau terlalu menonjol membela kepentingan diri dan kelompoknya,” ujarnya.

Sementar direktur Strategi & Taktik Indonesia Oktarina Soebardjo menyebut viralnya photo para petinggi bangsa itu sebagai kado kemerdekaan terindah. Oktarina mengapresiasi langkah Presiden Jokowi dan meyatakan sangat mungkin Jokowi akan terpilih kembali sebagai presiden berikutnya karena kerja-kerja politiknya mendapat sambuta rakyat. Oktarina juga menyebut peringatan kemerdekaan yang digelar para tokoh oposisi menjadi kurang bertaji karena keberhasilan Jokowi menyatukan Megawati dan SBY dalam satu sesi. (FED)

Tags

Artikel Terkait

Close