Internasional

Peru Terima Permintaan Suaka Ratusan Imigran Venezuela

Seorang imigran asal Venezuela bersama anak dan kerabatnya berada di sebuah terminal bus di Lima, Peru, 25 Agustus 2018. (Foto: AFP/TEO BIZCA)

Lima: Pemerintah Peru menerima ratusan permintaan suaka dari imigran Venezuela. Penerimaan terjadi hanya beberapa jam setelah Peru memperketat syarat masuk bagi para imigran.

Peraturan baru mengharuskan para imigran Venezuela membawa paspor jika ingin masuk ke Peru. Sebelumnya, mereka bisa masuk hanya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk. Peraturan serupa sudah diterapkan lebih dulu oleh Ekuador pekan lalu.

"Kami meminta warga Venezuela menunjukkan paspor mereka di perbatasan. Ini bukan berarti kami menutup pintu untuk para imigran," ucap Perdana Menteri Peru Cesar Villanueva, dilansir dari laman BBC, Minggu 26 Agustus 2018.

Dia mengatakan KTP tidak menunjukkan cukup bukti mengenai identitas para pengungsi Venezuela. Pasalnya, Peru menilai KTP bisa dengan mudah dipalsukan.

Baca: Ekuador Buka Koridor Kemanusiaan untuk Pengungsi Venezuela

Puluhan ribu warga Venezuela melarikan diri dari negara mereka yang tengah mengalami krisis makanan dan obat-obatan. Krisis ini sudah terjadi sejak 2014.

Seperti negara-negara Amerika Selatan lainnya, Peru mencoba mengontrol gelombang warga Venezuela yang kabur dari krisis ekonomi. 

Peru sudah menampung sekitar 400 ribu pengungsi Venezuela, yang sebagian besarnya sudah tiba di negara tersebut sejak tahun lalu.

Jumat kemarin, lebih dari 2.500 warga Venezuela melintas ke kota perbatasan Peru bernama Aguas Verdes. Masih banyak warga Venezuela lainnya yang berusaha mencapai Peru melalui perlintasan utama di Tumbes.

Perlintasan Tumbes dilewati sekitar 3.000 warga Venezuela pada setiap harinya dalam beberapa pekan terakhir.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close