Pesan Menteri Tito Pada Kapolda Sultra: Tindak Saja Kalau Desa Itu Terbukti Fiktif

  • Whatsapp
Mendagri Tito Karnavian

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bentuk tim gabungan bersama Polda Sulawesi Tenggara untuk mengusut desa fiktif yang menerima dana desa.

“Tim sudah bergerak ke sana bersama Kapolda Sultra, Pak Merdisyam. Bilang ke Kapolda, sudah tindak aja. Sudah tahu juga ini ada empat yang diduga fiktif atau nggak ada penduduknya tapi diberikan anggaran,” ujar Tito di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Baca Juga:

Tito mengatakan, kementerian yang dipimpinnya juga telah bekerjasama dengan seluruh pemprov untuk mengecek desa di Indonesia.

“Kalau terbukti fiktif, dapat anggaran dan anggarannya dipakai, padahal nggak ada desanya akan ditindak pidana korupsi. Tindak aja, baru perbaiki sistemnya,” tegas Tito.

Seperti diketahui, desa fiktif atau desa siluman yang menerima dana desa awalnya diungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat melaporkan evaluasi kinerja APBN 2019 di depan Komisi XI DPR .

Menurutnya, desa siluman adalah desa yang tidak berpenduduk tetapi mendapatkan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat. Keberadaan desa siluman diduga berada disalah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *