Internasional

Pesawat Inggris Berisi Bantuan Bertolak ke Indonesia

Pesawat jenis A400M milik Angkatan Udara Inggris. (Foto: AFP/ADRIAN DENNIS)

London: Sebuah pesawat milik Angkatan Udara Inggris (RAF) dikerahkan ke Indonesia untuk membantu korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Pesawat RAF A400M 'Atlas' itu berisi bantuan senilai GBP2 juta (setara Rp39,2 miliar) dari Departemen Pembangunan Internasional (DFID).

Disiagakan di Timur Tengah, pesawat tersebut diterbangkan ke Indonesia pada Selasa 2 Oktober 2018 malam. 

Baca: Inggris Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulteng

Seperti disitir dari Forces Network, sebuah tim kecil ahli militer Inggris juga dikerahkan untuk membantu misi pencarian dan penyelamatan di Palu, Donggala dan wilayah sekitarnya di Sulsel.

Data terkini Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Sulteng mencapai 1.234 orang, dengan 799 mengalami luka berat.

"Inggris mendukung Indonesia yang berusaha memulihkan diri dari tragedi memilukan ini," kata Menteri Pertahanan Gavin Williamson.

Sementara itu, badan amal Save the Children telah memperingatkan korban selamat di Sulteng masih belum sepenuhnya aman, karena menghadapi risiko kesehatan dari potensi wabah penyakit.

Salah satu sumber penyakit dikhawatirkan berasal dari banyaknya jenazah yang terus membusuk di lokasi terdampak bencana. Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan ASEAN menyebut Indonesia membutuhkan lebih banyak kantong jenazah.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close