Piala AFF U-16: Sempat Tertinggal, Indonesia Bekuk Vietnam 2-1 dan Juarai Grup A

Indonesia Tembus Semifinal Piala AFF U-16 2022 usai Bekuk Vietnam 2-1 (Dok. PSSI)

INDOPOLITIKA.COM – Tim Nasional U16 Indonesia menang atas Vietnam 2-1, di laga terakhir fase grup A Piala AFF U16, digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (06/08/2022) malam.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia menjadi juara Grup A dengan koleksi sembilan poin dari tiga laga, dan berhak lolos ke semifinal. Semetara itu, Vietnam berada di peringkat kedua. Tim asuhan Nguyen Quoc Tuan mengumpulkan enam poin dari tiga laga.

Duet penyerang Arkhan Kaka dan Muhammad Nabil Asyura masing-masing menyumbangkan satu gol untuk kemenangan Indonesia, yang sempat tertinggal lebih dulu akibat eksekusi penalti Nguyen Cong Phuong.

Kemenangan memastikan posisi Indonesia di puncak klasemen akhir Grup A tak tergoyahkan. Anak-anak asuh Bima Sakti menyapu bersih kemenangan tiga pertandingan fase grup dan mengumpulkan sembilan poin penuh.

Vietnam yang finis di posisi kedua dengan enam poin masih berpeluang lolos ke semifinal, menanti hasil rangkaian pertandingan terakhir Grup C yang baru dimainkan Senin (8/8/2022).

Meski hanya membutuhkan hasil imbang untuk melangkah ke empat besar, Indonesia tetap bermain dengan menyerang menghadapi Vietnam.

Akan tetapi, pertandingan yang berlangsung dalam tempo cepat itu tak berhasil menghadirkan gol untuk kedua tim sampai akhirnya wasit asal Thailand Warintorn Sassadee memberikan tendangan penalti untuk Vietnam pada menit ke-42 setelah bek kanan Indonesia Rizdjar Subagja melanggar gelandang Le Ding Long Vu.

Nguyen Cong Phuong menunaikan tugasnya sebagai algojo dengan baik dan kapten Vietnam itu sukses membawa timnya unggul 1-0, kedudukan yang bertahan hingga turun minum.

Tertinggal satu gol, Indonesia langsung menggebrak begitu babak kedua dimulai. Hasilnya, pada menit ke-52, sebuah pergerakan Narendra Tegar Islami berujung pada assist yang dikonversi menjadi gol oleh Arkhan dengan sundulannya.

Gol itu menjadi pembakar semangat Indonesia, yang tiga menit kemudian sukses membalikkan keadaan sepenuhnya atas Vietnam berkat gol Nabil.

Berawal dari situasi serangan balik, Arkhan menyodorkan umpan matang yang dengan tenang diselesaikan oleh Nabil ke dalam gawang Vietnam.

Kedudukan 2-1 menjadikan intensitas pertandingan meningkat, tapi tak ada gol lain sampai laga usai. Indonesia menang dan lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. [rif]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.