Pilar Ingin Keberhasilan Tangsel di Sektor Kesehatan Dilanjutkan

  • Whatsapp

Dedikasi dan prestasi selalu berbanding lurus dengan apresiasi, pencapaian, dan penghargaan yang diterima. Kondisi ini yang terjadi di Tangerang Selatan (Tangsel) dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Berkat dedikasi yang ditunjukkan Walikota Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie, Tangsel berhasil meraih sederet penghargaan.

Di sektor kesehatan, apresiasi atas kinerja dan dedikasi yang dilakukan Pemerintah Kota Tangsel selama periode kepemimpinan Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie memberikan kebanggaan bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tiap tahunnya menjadi salah satu pencapaian. Pada 2019, skor IPM Tangsel mencapai 81,48. Angka ini melebihi pencapaian nasional yang sekadar 71,92. Tingginya angka harapan hidup menjadi salah satu parameter penilaian dari IPM.

Prestasi yang tak kalah membanggakan juga menurunnya angka stunting dan perbaikan terhadap jaminan kesehatan nasional di Tangsel. Pada 2017, misalnya, Dinas Kesehatan Tangsel berhasil menekan angka stunting hingga 11 persen. Angka ini jauh melebihi target nasional dengan 14 persen. Jika dibandingkan dengan DKI Jakarta, juga ada perbedaan mencolok. Itu karena angka stunting di Jakarta masih menyentuh 22 persen.

Pada apresiasi lain, Tangsel juga meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda atau Kota Sehat tingkat nasional pada 2017. Setidaknya ada empat tatanan yang menjadi objek penilaian, yakni perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan permukiman sehat, serta sarana sehat dan tatanan kehidupan masyarakat yang sehat mandiri.

Tangsel yang merupakan kota termuda di Provinsi Banten, selama periode kepemimpinan Airin dan Benyamin, juga berhasil meningkatkan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan, terutama kepuasan masyarakat yang menikmati fasilitas Puskesmas. Dari target 35 pembangunan Puskesmas, periode kepemimpinan Airin dan Benyamin telah berhasil merealisasikan 31 Puskesmas.

Menanggapi capaian yang bagus di bidang kesehatan ini, Calon Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan menilai sederet penghargaan dicapai berkat dedikasi Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davmie selama memimpin Tangsel.

“Puskesmas sudah dibangun 31 dan target 35 bisa dicapai, ini nanti kita tambah menjadi sejumlah kelurahan, jadi 54. Kita juga akan menambah rumah sakit negeri dan layanan-layanan kesehatan yang langsung menjangkau permukiman,” demikian disampaikannya sesaat sebelum menjalani tes kesehatan sebagai syarat pencalonan dalam Pilkada Tangsel di RSU Kabupaten Tangerang di Kota Tangerang, Selasa (8/9). (ind)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *