DaerahPilkada

Pilkada Kabupaten Manggarai Barat, Bupati dan Ketua DPRD Siap Maju

Bupati Manggarai Barat (Mabar) saat ini, Drs. Agustinus Ch Dula dan Ketua DPRD Mabar, Mateus Hamsi, S.Sos yang dipastikan akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mabar 2015, melamar ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Selain melamar ke PDIP, Dula juga melamar ke Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara  Mateus Hamsi yang berpasangan dengan Paulus Baut dengan sandi Mabar juga melamar ke Partai Demokrat.

Hal ini disampaikan Ketua DPC PDIP Mabar, Darius Angkur, Ketua DPC Partai Demokrat, Frans Sukmaniara, dan Ketua DPD PAN Mabar, Tan Hasiman, yang ditemui terpisah di Labuan Bajo, Rabu (13/8/2014).

Sukmaniara menjelaskan, sampai saat ini pihaknya baru menerima satu lamaran yang dimasukkan oleh paket Mabar, Rabu (13/8/2014) sekitar pukul 10.00 Wita. Namun, berkas apa yang dibawa oleh Paket Mabar, Sukmaniara mengaku tidak tahu persis karena dia belum melihat fisik berkas yang dibawa oleh Paket Mabar.

“Intinya Partai Demokrat membuka ruang bagi semua bakal calon untuk melamar ke Partai Demokrat baik secara pribadi maupun paket dengan melengkapi berkasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Karena Partai Demokrat tidak memberikan tambahan syarat khusus,” jelasnya.

Selain itu, kata Sukmaniara, pihaknya juga membuka kesempatan yang sama bagi kelompok masyarakat maupun organisasi untuk mengajukan bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati ke Partai Demokrat, jika menilai seseorang memiliki kapasitas untuk diusung menjadi calon bupati maupun calon wakil bupati Mabar periode 2015-2020.

“Semua kita berikan kesempatan, dan kemudian akan kita uji dengan melakukan survai ke masyarakat dan siapa yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi yang akan kita usung,” tegasnya.

Ketua DPC PDIP Mabar, Darius Angkur, kepada Pos Kupang, Rabu (13/8/2014), menjelaskan, sampai saat ini pihaknya belum membuka pendaftaran untuk bakal calon maupun pasangan bakal calon. Namun ia tetap menerima lamaran yang dimasukkan oleh Drs. Agustinus Ch Dula.

“Kita terima saja lamaran mereka apa adanya, dan nanti pada saat pembukaan pendaftaran baru kita cek apakah lamaran mereka memenuhi syarat yang kita tetapkan atau tidak. Kalau ada yang kurang pasti akan kita minta lengkapi,” jelas Angkur.

Ketua DPD PAN Mabar, Tan Hasiman melalui pesan singkat, Rabu (13/8/2014), menjelaskan, sudah menutup pendaftaran penerimaan lamaran bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati baik secara perorangan maupun paket, Selasa (12/8/2014) dan hanya Drs. Agustinus Ch Dula yang memasukkan lamaran sebagai bakal calon bupati. Sedangkan bakal calon lainnya tidak ada yang melamar.

Dalam Pilkada Mabar tahun 2015 mendatang, selain Gusti Dula dan Mateus Hamsi, figur lain yang siap maju di antaranya adalah Antonius Ali, Rofinus Jemana, Burhanudin, Fidelis Pranda, dan Ferdi Pantas. (pk/ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close