Pilkada Surabaya Diprediksi Ketat, Ini Daftar Para Calon Pengganti Risma

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Bursa calon walikota Surabaya makin ramai. Sejumlah nama muncul dan menjadi perbincangan publik. Mulai dari tokoh-tokoh lokal dengan berbagai latar belakang, hingga tokoh nasional. Pertarungan pada Pilkada Kota Surabaya 2020 tampaknya akan berlangsung ketat.

Kekuatan partai politik di PDRD Kota Surabaya hasil Pileg 2019, juga cukup merata. Sehingga sangat memungkinkan akan muncul beberapa calon yang akan diusung partai. Ada 11 partai yang berhasil masuk di DPRD Kota Surabaya.

Baca Juga:

Hasil survey Surabaya Survei Center (SSC) yang dirilis Januari 2019 lalu juga menunjukkan elektabilitas para calon masih dibawah 30 persen. Kader PDIP masih unggul dalam survei itu, yakni  Whisnu Sakti Buana mendapat 12,1 persen, disusul Puti Guntur Soekarno meraih 11,3 persen.

Hasil Pileg April lalu, kursi terbanyak diraih oleh PDIP sebanyak 15 kursi, kemudian ada 4 partai papan tengah yakni PKB, Gerindra, Golkar dan PKS yang masing-masing memperoleh 5 kursi. Partai baru PSI menyodok mendapatkan 4 kursi bersama Partai Demokrat. Sementara PAN dan Nasdem 3 kursi dan sisanya 1 kursi diraih oleh PPP.

Berikut ini sejumlah nama yang beredar di media dan disebut-sebut akan menjadi calon walikota. Dahlan Iskan (mantan Menteri), Mohammad Nur Arifin (Bupati Trenggalek), Whisnu Sakti Buasa (wakil walikota Surabaya), Kiyai Zahrul Azhar alias Gus Hans (santri) , Ery Cahyadi (birokrat), Hendro Gunawan (birokrat), Armuji (Ketua DPRD Kota Surabaya), Puti Guntur Soekarno (Anggota DPR RI), Mufti Mubarok, Fandi Utomo, Adies Kadir, Basa Alim Tualeka, Agnes Santosa, Arzeti Biblina (artis), Luci Kurniasari, Vinsensius Awey, Jamhadi, Dhimas Anugerah (politisi PSI), Maria Lucia Lindhajany, Diyah Katarina, Diyah Aprilianto, Hardean Renanda, LIa Istifhama, Rassiyo, Bambang Haryo, dan Bayu Airlangga.

PDIP sendiri tampaknya akan menjagokan kadernya dan beberapa tokoh luar dalam pilkada ini. Menurut Surabaya Consulting Group Didik Supriyantono, ada enam nama yang berpelung diusung PDIP. Mareka adalah tokoh yang sudah punya basis dukungan.

Mereka diantaranya Whisnu Sakti Buana, Armuji, Puti Guntur Soekarno,  Gus Hans, dan Hendro Gunawan, serta Ey Cahyadi. “Namun mereka sangat tergantung usulan dua tokoh kunci yang nanti akan menjadi pertimbangan DPP PDIP, yakni Bu Risma dan Pak Bambang HD,” kata Didik, baru-baru ini di Surabaya. (rma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *