Pemilu

Pilpres 2019, Jokowi Sebaiknya Ambil Moeldoko sebagai Cawapres

JAKARTA – Sejauh ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menetapkan siapa cawapresnya. Sejumlah nama pun muncul. Mulai dari Gatot Nurmantyo, Cak Imin, Airlangga Hartarto, AHY, Sri Mulyani dan lainnya. Lantas siapakah yang layak?

Penggiat Forum Isu Strategis-Jakarta (FIS-Jakarta) Maman Dharmansyah lebih menyarankan agar Jokowi mengambil Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang sekarang menjabat Kepala Staf Presiden. Moeldoko dinilai lebih baik ketimbang Jokowi mengambil figur lain dari kalangan militer.

“Peta pilpres mendatang sangat cocok paket sipil-militer,” ujarnya, Jumat (20/4).

Eskalasi politik saat ini kerap diwarnai oleh sentimen SARA. Untuk itu, menurutnya, sangatlah tepat jika ke depan isu stabilitas negara menjadi tema besar.  Dengan mengambil Moeldoko, lanjut Maman-demikian ia akrab disapa, Jokowi mampu mengimbangi pesaingnya yang rata-rata diwacanakan dominan dari kalangan militer. Seperti Gatot Nurmantyo, Prabowo Subianto dan AHY.

Moel, kata Maman yang juga tokoh pemuda Jawa Barat ini, sepanjang pergerakannya sebagai KSP tidak pernah melakukan manuver politik yang menyebabkan pemerintahan Jokowi-JK goncang. Ia (Moeldoko, Red) kerap mengklarifikasi serangan terhadap Jokowi. Posisi Moeldoko sebagai KSP sudah tepat jika menyuarakan kepentingan pemerintah.

“Kalau Jokowi memilih Moeldoko, maka bisa membuka ruang kompromi terhadap koalisi partai pendukung,” ujar alumni UIN Sunan Gunung Djati, Bandung ini.

Akan lebih rumit rasanya, kata dia, jika Jokowi mengambil cawapres dari salah satu tokoh parpol. Hal itu bisa memecah komposisi koalisi parpol tadi. “Maksud saya akan terjadi perdebatan yang lumayan panjang. Karena masing-masing parpol akan mengajukan kandidat internalnya,” tegas dia.

Jika dilihat dari selera Jokowi, ia akan lebih menyukai cawapresnya sebagai figur yang loyal, mau bekerja dan tidak bermanuver selama kepemimpinannya nanti. Menurutnya, Moeldoko dinilai mampu merekonsiliasi poros lain dalam pertarungan pilpres mendatang.

Tags

Artikel Terkait

Close
Close