Pilpres

Pilpres 2019, Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin Diprediksi Akan Unggul di Sumsel

Palembang — Pesta demokrasi lima tahunan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) akan berlangsung serentak pada bulan April 2019 mendatang telah menarik perhatian rakyat Sumatera Selatan (Sumsel). Hal ini bisa dilihat dari semaraknya perbincangan mengenai pilpres dan pileg di berbagai aplikasi sosial media. Dalam konteks pilpres, dukungan rakyat tampak terbelah. Ada yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dan ada pula yang mendukung Jokowi – Ma’ruf Amin yang terlihat lebih banyak. Sementara pada pileg, dukungan terfragmentasi pada beberapa partai politik. Di Sumsel sendiri dukungan rakyat terhadap para kandidat pilpres mudah ditelusuri di sosial media. Perdebatan mereka kini jauh lebih baik karena sudah banyak yang membahas persoalan program kerja dan visi misi.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik dari kantor Lembaga Studi Pemilu & Politik (LSPP) Sendy Vicky Sutikno menilai, argumen yang dibangun para pendukung kandidat pilpres di sosial media sudah bergeser dari keberpihakan primordial menjadi keberpihakan program.

“Saya melihat sudah ada pergeseran, debat pendukung sudah banyak yang membahas masalah bangsa dan solusinya. Masih ada memang yang mengumbar isu SARA, seolah jika memilih pasangan yang satu akan dapat pahala atau masuk surga dan memilih pasangan yang lain akan dapat dosa atau masuk neraka. Tapi itu sudah berkurang banyak, lagi pula tidak ada relevansinya sama sekali mengingat para calon semuanya muslim bahkan cawapresnya Pak Jokowi malah seorang ulama besar,” ujarnya kepada wartawan di Palembang, Selasa (18/9).

Sendy Vicky Sutikno menambahkan, dalam konteks Sumsel, besar kemungkinan kubu Jokowi – Ma’ruf Amin akan memenangkan kontestasi. Hal demikian karena pasangan ini mendapat limpahan dukungan besar dari kubu Herman Deru-Mawardi Yahya yang memenangkan pilkada Sumsel Juni lalu, saat yang sama dukungan juga muncul dari kubu Gubernur Alex Noerdin dan pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas.

“Jika kedua kubu itu di pilkada kemarin berhadap-hadapan, kini mereka bergandengan tangan. Bekerja bersama memenangkan pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin,” jelasnya.

Sendy memaparkan, kubu Herman Deru dan Alex Noerdin akan berlomba-lomba memenangkan Jokowi – Ma’ruf di Sumsel. Apalagi, kata Sendy, beberapa saat sesudah diumumkan hasil quick count pada Pilkada Sumsel 2018 yang lalu, gubernur terpilih Herman Deru dan wakil gubernur terpilih Mawardi Yahya memberi pernyataan ke publik bahwa mereka mendukung Jokowi – Ma’ruf dalam pilpres 2019 dan akan memenangkan pasangan itu di Sumsel.

“Nah, saat yang sama, Giri Kiemas dan Alex Noerdin adalah para ketua parpol pengusung Jokowi-Ma’ruf, jadi bersatunya kedua kubu ini akan memberi kemenangan signifikan bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf,” tandasnya. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close