Pilpres 2024, Pasangan Prabowo-Airlangga Bisa Lebih Sukses

  • Whatsapp
ilustrasi

INDOPOLITIKA.COM – Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto dinilai bakal lebih berpeluang sukses jika maju sebagai pasangan Calon Presiden (Capres) 2024.

Pengamat Politik dari Universitas Jayabaya Igor Dirgantara mengatakan ada beberapa faktor penting dalam komposisi pasangan capres-cawapres nanti di 2024.

Berita Lainnya

“Latar belakang militer-sipil jauh lebih kuat untuk berlaga di Pemilu 2024. Faktor etnis Jawa, perempuan, agama (Islam) dan faktor usia hanya menjadi pelengkap yang bagus (komplementer),” kata Igor, Senin (3/5/2021).

Setelah SBY, kata dia, Jokowi terpilih sebagai presiden juga dua periode, 2014-2024, dengan Jusuf Kalla dan Ma’ruf Amin (ulama) sebagai pendampingnya. JK dan Ma’ruf Amin, kata dia, juga dari kalangan sipil.

“Pasca-Jokowi lengser tahun 2024, bisa saja yang berlatar belakang sipil untuk maju berkompetisi lagi dalam perhelatan Pilpres 2024, tapi peluang menjadi juara tergolong sangat berat. Kecuali jika punya strategi yang luar biasa dan logistik yang kuat,” katanya.

Dia mengatakan, Jokowi ikon kepala daerah yang berhasil menjadi presiden. “Strategi image building-nya sangat bagus pada masanya. Strategi ini sudah usang jika dipakai lagi untuk pemenangan. Sulit bisa berhasil jika hanya mengekor, tanpa ada jurus terobosan yang baru,” ujarnya.

Sebaliknya, kata dia, momentum menteri di kabinet yang berlatar belakang militer seperti SBY, yang juga ketum parpol, muslim, dan Jawa jauh lebih berpeluang memenangkan kompetisi di 2024.

“Oleh karena itu, Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto adalah dua tokoh yang paling punya potensi,” imbuhnya.

Prabowo menurutnya adalah tokoh menteri pertahanan (menhan) yang kokoh sebagai capres karena berlatar belakang militer dan ketum parpol, yakni Gerindra.
“Komposisi pasangannya tinggal dicari dari tokoh sipil, bisa pengusaha, kepala daerah, Ketua DPR, Ulama, dan lain-lain,” tuturnya.

Begitu juga, kata dia, dengan Airlangga Hartarto, yang merupakan tokoh sipil alias Menko Perekonomian sekaligus ketum parpol, yakni Golkar, yang paling kuat untuk bisa maju sebagai capres di 2024. Cawapres Airlangga, kata dia, bisa dari kalangan militer, seperti Gatot Nurmantyo, Andika Perkasa, atau Tito Karnavian.

“Tetapi bisa dibayangkan jika Prabowo dapat berpasangan dengan Airlangga Hartarto. Kualifikasi dari unsur militer-sipil sangat terpenuhi. Apalagi keduanya adalah ketum parpol. Peluang sukses bukan mustahil, ketimbang skenario yang lain seperti misalnya Anies-Erick Thohir (sipil-sipil),” tambahnya.(net)

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *