Pimpinan KPK Bertemu Kapolri Idham Azis, Bahas Apa Ya?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pimpinan Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) melakukan kunjungan kerja ke Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020). Kunjungan itu dalam rangka sinergitas pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Kami akan membangun komunikasi, tentu dua arah sehingga semua masalah-masalah pencegahan dan pemberantasan korupsi dapat lebih fokus lagi ke depan,” kata Kapolri, Jenderal Idham Azis.

Baca juga:

Selain itu, lanjut Idham, pertemuan tersebut untuk memperpanjang perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antar Aparat Penegak Hukum yang dilakukan pada Maret 2019. “Kerjasama ini sudah berakhir. Kami akan duduk bersama dengan tim dari KPK, Polri, dan Kejaksaan Agung sehingga nanti dalam waktu yang singkat akan kami perbaharui lagi,” lanjut Idham.

Di tempat sama, Ketua KPK, Firli Bahuri menuturkan, pasca pengesahan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pemberantasan Korupsi, KPK perlu bersinergi dengan penegak hukum lainnya . Utamanya, untuk melakukan penecegahan korupsi.

“Pencegahan ini dilakukan dengan melakukan pemberantasan korupsi, meningkatkan pelayanan publik dan bekerjasama dengan instansi berwenang melakukan pemberantasan korupsi,” turur Firli.

Selain itu, petemuan ini untuk meningkatkan fokus pemberantasan korupsi yang diamanatkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi. Regulasi itu menyebut ada tiga fokus dalam pemberantasan korupsi.

Pertama, kata dia, peningkatan pelayanan dan tata niaga yang akuntabel, transparan agar tak menimbulkan korupsi. Kemudian, pengelolaan keuangan negara. Lalu, penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

“Sinergitas ini tidak hanya pada Polri tapi nanti kami juga akan bicara dengan Kejaksaan Agung, BPKP dan BPK,” tambah Firli.

Masih dalam kesempatan sama, ketua KPK mengapresiasi keberhasilan Polri dalam mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Di mana, kasus tersebut telah ditangani polisi sejak 2017.{asa}

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *