Piter Core Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal III Tidak Mencapai Target 5,0 Persen

  • Whatsapp
Direktur Riset Core Piter Abdullah

INDOPOLITIKA.COM- Direktur Riset Core Piter Abdullah memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kuartal III hanya sekitar 4,5 persen sampai 5,0 persen. Hal itu menyusul banyaknya kuartal yang tidak memiliki prestasi.

Kata dia, banyak faktor yang mempengaruhi sehingga kuartal tidak mencapai prestasi. Diantaranya, kinerja konsumsi dan investasi cendrung lebih kecil dari dua kuartal sebelumnya. Kedua, kinerja ekspor dan impor sepanjang kuartal II tidak mengembirakan meski pada neraca perdagangan Agustus 2019 mencatat surplus.

Baca Juga:

Ketiga, kinerja belanja pemerintah juga tidak banyak pada kuartal ini seiring dengan pergantian kabinet.

“Maka untuk mencapai outlook pertumbuhan 5,08 persen atau 5,1 persen kumulatif tahun ini, kuartal IV itu harus didorong sampai 5,2 persen lebih, sementara hal itu sangat sulit,” ujar Piter

Dari sekian masalah yang ditemui pada kuartal III, paling tidak menurut Piter angka realistis target pertumbuhan ekonomi mencapai 5.08 persen sesuai prediksi Kementerian Keuangan, itu juga jika pertumbuhan kuartal III tidak mengalami anjlok dibawah 5 persen.

“Pertumbuhan 5,08 persen itu perlu didorong kuartal IV di atas 5,2 persen. Oleh sebab itu pencapaian tahun ini akan sangat tergantung kinerja kuartal III,” pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik merilis neraca perdagangan Juli 2019 mencatatkan surplus US$85,1 juta atau US$0,08 miliar. Namun angka itu tak diikuti oleh surplus pada Juli maupun September sehingga kontribusinya sangat kecil bagi pertumbuhan.

Sementara, Pertumbuhan ekonomi kuartal 1/2019 maupun kuartal 11/2019 rata-rata 5,6 persen. BPS juga akan merilis pertumbuhan ekonomi kuartal III/2019 pada awal November.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *