Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

PKB Akan Berkoalisi Dengan PDIP?

Parpol koalisi pendukung pencapresan Jokowi bakal segera bertambah. Setelah Partai NasDem, partai mana lagi yang bakal mendukung pencapresan Jokowi bersama PDIP?

Jokowi sendiri memang menuturkan hari ini, Sabtu (26/4) bakal bertambah satu partai koalisi. “Yang jelas, besok koalisi akan tambah satu lagi,” kata Jokowi di rumah dinasnya di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/4/2014).

Sayang Jokowi tak mau blak-blakan menyebut partai yang bakal merapat. Namun Jokowi menuturkan jalinan yang akan dibangun adalah kerjasama, bukan koalisi dengan konsep bagi-bagi menteri.

“Saya nggak mau menyebut partai,” jawab Gubernur DKI ini.

Jokowi kemarin mengungkap penjajakan kerja sama dengan PKB sudah memasuki tahap final. Jokowi menyebutnya dengan istilah tinggal ijab kabul.

Keterangan Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo memperkuat keterangan Jokowi. Tjahjo mengatakan koalisi dengan PKB telah memasuki tahap finalisasi.

“Tinggal finalisasi. Ibu Mega akan memberikan mandat ke Jokowi untuk bertemu Pak Muhaimin Iskandar saat sepakat,” kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo saat sowan ke rumah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Sejumlah sumber di PKB membenarkan komunikasi dengan PDIP sangat maju dan mengarah ke koalisi. Namun mereka enggan membocorkan kapan waktu pertemuan finalisasi digelar, juga menyangkut siapa cawapres yang ditawarkan untuk Jokowi. (dtk/in/pol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close