PKS Kesel Kadernya Tak Kunjung Dilantik Jadi Wagub, Usul Revisi UU Pemda

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengharapkan kedewasaan politik anggota DPRD DKI. Para wakil rakyat itu diharapkan segera memparipurnakan calon Wakil Gubernur DKI pendamping Anies Baswedan. Sehingga program prioritas pemerintah DKI bisa digenjot.

Ketua Departemen Politik DPP PKS Pipin Sopian mengatakan, publik tentu menunggu sikap anggota DPRD DKI yang baru. Kosongnya kursi Wagub sudah terlampau lama. PKS juga telah menyerahkan dua nama calon Wakil Gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno ke DPRD.

Bacaan Lainnya

“Sebetulnya kita akan lihat kedepan apakah anggota DPRD DKI yang baru terpilih ini dewasa apa nggak. Seharusnya nama Wagub itu sudah keluar,” katanya (18/10).

Pipin mengatakan alot dan lambatnya proses pengisian posisi Wagub itu harusnya jadi bahan evaluasi. UU Pemda harus di revisi lagi. Sebab, dalam UU saat ini tidak diatur batas waktu pengisian posisi gubernur atau Wagub yang berhalangan tetap atau mengundurkan diri.

“Fenomena yang di DKI ini harusnya jadi bahan evaluasi UU nya. Harusnya ada batasan waktu sampai kapan itu kosong kursi Wagub itu. Harusnya ketika pak Sandiaga Uno mundur, harusnya ada batasnya. Satu bulan atau dua bulan,” ujarnya

Menurut dia, harusnya nama-nama yang telah diusulkan PKS sudah otomatis menjadi Wagub bila terlampau lama kosong. Karena itu, UU Pemda harusnya mengakomodasi batasan waktu itu. Sayangnya, UU Pemda tidak mengatur itu. Tetapi pengalaman di DKI harusnya jadi bahan evaluasi.

“Kalau ada kesungguhan dari DPRD DKI dan kami sudah kasih nama, kami juga akan sungguh-sungguh,” ungkapnya. (pit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *