PKSPolitik

PKS: Koalisi Harus Siap Kalah

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berharap dapat membangun koalisi yang kuat dan tidak oportunis. Koalisi ini nantinya menjadi tauladan berpolitik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
“Kita tidak ingin masyarakat memahami bahwa koalisi ini tujuannya hanya bagi-bagi kursi. Kita tidak ingin terjebak dalam satu koalisis transaksional, kita ingin membangun koalisi yang kuat,” harap Presiden PKS, Anis Matta, di Jakarta, Senin (28/4/2014). Dia menyatakan, koalisi seperti ini nantinya tidak hanya mengincar kemenangan, tetapi juga tetap solid menjadi oposisi ketika kalah.
Sikap ini merupakan kesepakatan di internal PKS yang dimusyawarahkan bersama. “Ini salah satu yang dibicarakan teman-teman di Majelis Syuro, bahwa kita harus bersama ketika memerintah, dan bersama juga kalau kita tidak memerintah,” ujar Anis.
 
Pihaknya hampir bisa dipastikan berkoalisi dengan Partai Gerindra. Anis menjelaskan ada tiga hal utama yang akan dibicarakan dengan pihak Gerindra dalam waktu dekat, yakni soal format koalisi, bagaimana memenangkan pemilihan, dan bagaimana membangun formasi pemerintahan jika berhasil meraih kemenangan. (rul)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close