PKS Pasrah Kadernya Tidak Dipilih jadi Wagub DKI

  • Whatsapp
Politisi PKS Nasrullah

INDOPOLITIKA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sudah satu tahun lebih tidak memiliki pendamping memimpin ibu kota. Tepatnya, semenjak Sandiaga Uno memutuskan mundur sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta dan mencalonkan diri sebagai pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019 lalu.

Setelah 3 kali gagal menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) rela melepas posisi wagub demi kebaikan warga Jakarta.

Baca Juga:

Politisi dari PKS, H. Nasrullah menyatakan partainya rela melepas posisi wagub demi kebaikan warga Jakarta. “Inginnya sih tetap dari PKS (wagub), tetapi buat kebaikan warga DKI kita rela, kasian Pak Anies jomblo terus,” kata dia di Gedung DPRD, Senin (26/8).

Apalagi, pria yang akrab disapa Bang Nas itu juga menyatakan sedari awal Gerindra menyerahkan posisi wagub pada PKS dengan setengah hati. Walhasil, penentuan siapa pengganti Sandiaga Uno di DKI terus mangkrak hingga sekarang. Kalau pun masalahnya ada pada si calon, kata Bang Nas, kedua calon yang diajukan telah lolos fit and proper test.

“Bukan itu masalahnya, ada masalah lain yang saya juga belum tahu, yang jelas ada faktor lain yang membuat Gerindra separuh hati menyerahkan posisi wagub ke kita,” tegasnya.

“Kita siap mengganti nama calon wagub yang telah diajukan jika masalahnya ada pada calon, tapi itu juga enggak mudah karena harus mendapat persetujuan dari pimpinan partai pengusung,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyimpan harapan kepada DPRD DKI Jakarta periode 2019/2024. Anies berharap para anggota DPRD terpilih bisa segera menyelesaikan pemilihan wagub.

“Harapan bisa segera selesai, Ini PR (pekerjaan rumah). PR gantung, jadi bisa dituntaskan,” ucap Anies kepada wartawan kemarin.

Seperti diketahui, hingga masa jabatan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019 berakhir, persoalan pemilihan Wagub DKI belum juga tuntas. Sementara DPRD DKI periode 2019-2024 akan dilantik pada Senin (26/8) hari ini.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wagub Ongen Sangaji memastikan wagub dipilih anggota dewan baru.

“Kalau saya hakulyakin bahwa ini bisa dilakukan teman-teman di periode 2019-2024, yang penting perangkatnya sudah selesai, jadi jangan berpikir bahwa kita nggak kerja, sudah selesai,” kata Ongennya.[ab].

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *