PKS Siapkan Salim Segaf, Peluang Anies Nyapres Tetap Terbuka Lebar

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, menilai peluang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju di Pilpres 2024 masih terbuka lebar, meskipun PKS telah menyiapkan Ketua Majelis Syura-nya, Salim Segaf Al-Jufri tampil di kepemimpinan nasional.

Dedi menyebut partai politik yang tertarik dengan Anies bukan hanya PKS, banyak partai lain yang siap siaga untuk meminang mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu di Pilpres 2024 mendatang.

Berita Lainnya

“Kans Anies tetap saja terbuka, bagaimanapun Anies punya kendali pilihan, mengingat ia punya modal elektabilitas. Jika PKS tidak menawar, maka ada NasDem yang mungkin tertarik juga pada Anies,” kata Dedi kepada wartawan, Sabtu (10/7/2021).

Menurut Dedi, saat ini PKS dalam posisi dilematis. Di satu sisi, PKS ingin mengusung capres-cawapres dari partainya sendiri. Di sisi lain, PKS juga tidak rela melepaskan Anies begitu saja di Pilpres 2024 mendatang.

Dedi mengatakan PKS tentu menyadari jika mengusung Anies potensi menang dan mendongkrak suara partainya jauh lebih besar dibanding mengusung Salim Segaf.

“Hanya saja, kian hari Anies mungkin makin menarik tidak saja bagi PKS, sehingga potensi PKS dapatkan Anies menipis,” ujarnya.

Seperti diketahui, hasil Musyawarah Majelis Syura IV PKS Rabu 30 Juli 2021, merekomendasikan Ketua Majelis Syuro Partai itu, Salim Segaf Al-Jufri untuk tampil di level kepemimpinan nasional.

Dengan rekomendasi itu, banyak pihak yang menyebut peluang Anies untuk maju di Pilpres 2024 terancam. Alasannya, PKS merupakan salah satu partai politik yang dikenal cukup dekat dengan Anies. [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *