PKS Tolak Kenaikan Premi BPJS Kelas III Mandiri

  • Whatsapp
PKS Tolak Kenaikan BPJS Kelas III

INDOPOLITIKA.COM- Fraksi PKS secara resmi menyatakan menolak kenaikan premi BPJS untuk kelas III mandiri. Anggota Fraksi PKS Komisi IX Nety Prasetiyani menyatakan, mereka telah menyerap aspirasi masyarakat di seluruh daerah. Khususnya untuk kelas III mandiri atau yang membayar iuran sendiri tanpa disubsidi.

“Betul bahwa BPJS mengalami defisit. Tapi tentu saja menaikan premi untuk peserta mandiri kelas III ini tidak menyelesaikan masalah. Karana kalau dilihat dari jumlah peserta kelas III mandiri, tingginya defisit BPJS belum selesai dengan hanya menaikan premi. Berkaca pada fakta empiris maka hari ini fraksi PKS dengan tegas dan konsisten menyatakan penolakan terhadap kenaikan premi kelas III mandiri,” katanya saat menggelar jumpa pers di ruang Fraksi PKS Selasa siang.

Muat Lebih

Anggota komisi IX itu mengungkapkan, fraksinya menolak karena alasan fakta empiris. “Tanpa dinaikan juga masyarakat kita sudah menjerit nggak bisa bayar,” katanya.

Dia mengatakan, telah menyampaikan kepada Menteri Kesehatan dan Dirut BPJS Kesehatan saat rapat kerja pekan lalu. Saat itu, dia mengatakan, meskipun masyarakat dipaksa membayar premi BPJS, tetap saja masyarakat tidak akan mampu.

“Walaupun mereka diperas, yang keluar itu bukan bayaran premi. Tapi darah dan air mata masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, berdasarkan fakta empiris, masyarakat ternyata hanya mampu membayar premi BPJS saat sakit. Setelah sembuh, masyarakat tidak lagi bisa membayar. Hal itu dianggap wajar. Sebab, kondisi ekonomi juga sedang memburuk. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *