INDOPOLITIKA.COM – Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, 2nd Indonesia International Culture Festival (IICF) 2023 platform pertukaran budaya baik nasional maupun internasional.

Menurut Pilar, IICF akan membuka banyak peluang bagi para aktor budaya untuk saling berinteraksi, membangun hubungan harmonis antara para negara peserta.

Demikian penegasan itu disampaikan Pilar saat menyambut 11 delegasi negara peserta pada 2nd Indonesia International Culture Festival (IICF) 2023 di Plaza Puspemkot Tangsel, Senin (30/10/2023).

Diketahui, IICF diikuti Korea Selatan, Filipina, India, Rusia, Bulgaria, Yunani, Meksiko, Zimbabwe, Sri Lanka, Bangladesh, dan Taiwan.

Adapun gelaran tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Tangsel, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, serta Yayasan Color of Indonesia.

“Acara ini juga memberikan peluang dan pemberdayaan kepada masyarakat dengan harapan mampu berkontribusi terhadap aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan,” tegas Pilar.

Tidak lupa, dalam pidatonya Pilar memuji kekayaan budaya Indonesia dan menekankan pentingnya melestarikan warisan sejarah yang beragam.

“Indonesia sangat kaya akan keberagaman budaya yang tersebar di seluruh daerah. Kekayaan budaya ini adalah sesuatu yang perlu kita apresiasi dan lestarikan,” ucapnya.

IICF sendiri berlangsung dari 25 Oktober hingga 2 November mendatang di tiga tempat berbeda. Tempat tersebut antara lain Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, dan SMA Labschool Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan.

Pilar berharap acara tersebut bisa menjadi ajang interaksi pelaku budaya yang akan menghasilkan sinergi antara para negara peserta. Dengan begitu, dapat membawa nama baik Indonesia terutama Tangerang Selatan di kancah internasional. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com