PLN Bantu Bangun PLTD Untuk MRT

  • Whatsapp
MRT Jakarta

PT. PLN (Persero) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Senayan dengan biaya 1 Triliyun. PLTD ini merupakan pembangkit cadangan untuk memenuhi kebutuhan listrik Moda Raya Terpadu (MRT).

Direktur Regional Jawa Barat Banten PLN, Haryanto WS, pembangkit listrik baru ini memiliki kapasitas 101 megawatt (MW).

Berita Lainnya

“Ini untuk back up emergency. Kontrak dengan MRT untuk 60 MW,” katanya di PLTD Senayan, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Nantinya PLTD ini akan medukung MRT, sehingga MRT memiliki dua cadangan pembangkit listrik. Di mana suplai pertama berasal dari pembangkit Gandul, kemudian cadangan pertama di Tanjung Priok, dan selanjutnya berasal dari PLTS Senayan.

Saat ini, PLTD Senayan memang belum rampung, namun sudah 95% menuju penyelesaian. Targetnya, PLTD Senayan akan selesai pembangunannya sebelum hari listrik nasional yang jatuh pada 27 Oktober 2019.

PLTD Senayan ini disebut sebagai pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Sebab pengoperasiannya menggunakan bahan bakar solar B20. Pembangkit ini juga disebut memiliki teknologi fast respons.

“Sehingga normalisasi saat diperlukan itu bisa dalam orde menit, tak lagi jam,” imbuhnya.

Informasi tambahan, PLTD Senayan membutuhkan waktu konstruksi sekitar 15 bulan. Pembangkit ini dibangun di atas lahan seluas 27 ribu meter persegi (m2). Alasan pembangunan PLTD Senayan di antaranya adalah mesin diesel cepat beroperasi, tidak membutuhkan area yang luas, sistem compact dan mesin diesel akan lebih cepat sinkron dibanding mesin lainnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *