PM Australia Menolak Mundur

  • Whatsapp
PM Australia Malcolm Turnbull. (Foto: AFP)

Canberra: Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull bertekad untuk tidak menyerah atas ancaman Partai Liberal dan dua menterinya yang ingin menggulingkan dirinya dari jabatan PM.

Setelah kalah di pemilihan pertama, mantan Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton mengajukan tantangan pemilihan yang kedua. Namun, kini ia tak sendiri melainkan bersaing dengan Menteri Keuangan Scott Morrison. 

Baca Juga:

Namun, ia akan keluar dari dunia politik jika memang partainya sudah tidak lagi mendukungnya.

"Saya tidak akan pernah menyerah terhadap pengganggu. Apa yang terjadi sekarang adalah upaya yang sangat disengaja untuk membuat Partai Liberal kacau," kata Turnbull dalam konferensi pers, dikutip dari AFP, Kamis 23 Agustus 2018.

Turnbull pun mengaku sempat menerima telepon dari Dutton yang mengatakan bahwa sebagian anggota partai sudah tidak lagi mendukung dirinya.

"Dengan demikian, saya meminta  untuk mengadakan pertemuan Partai Liberal di mana saya akan menantang Anda di kepemimpinan partai," ucap Dutton via telepon, seperti dikutip Turnbull.

Selasa pekan ini, Dutton kalah dari Turnbull dengan perolehan suara 48-35 di mana Turnbull kembali menjabat sebagai Ketua Partai Liberal. Ia menganggap, Dutton belum membuktikan bahwa ia memiliki dukungan mayoritas dari Partai Liberal.

Beberapa anggota parlemen Partai Liberal mengatakan, mereka tak lagi percaya dengan kepemimpinan Turnbull. Bahkan, salah satu anggota bernama Michael Keenan meminta agar Turnbull mengundurkan diri.

Kabarnya, sejumlah menteri pun telah mengirimkan surat pengunduran diri ke Parlemen Australia. Namun, hingga saat ini, Turnbull menolak tawaran Dutton untuk kembali diadakan pemilihan ketua partai. 

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *