PM Australia Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

  • Whatsapp
Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dan Presiden Joko Widodo. (Foto: ANTARA).

Canberra: Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menawarkan bantuan kepada Presiden Joko Widodo untuk korban gempa Lombok. Penawaran disampaikan kepada Presiden Joko Widodo saat mereka berbicara lewat sambungan telepon.

"Saya menawarkan dukungan Australia berupa bantuan kepada Presiden Joko Widodo dalam sambungan telepon," ucapnya seperti dilansir dari laman The Guardian, Senin 6 Juli 2018.

Muat Lebih

Dia mengatakan banyak warga Australia yang juga merasakan gempa. Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton yang tengah berada di Lombok untuk menghadiri pertemuan keamanan internasional, mengatakan dirinya dan delegasi dalam keadaan aman.

"Delegasi Australia aman dan sudah dievakuasi dari hotel. Sangat bersyukur kepada Polisi Indonesia dan otoritas setempat. Kami belum menyadari tingkat kerusakannya, namun pikiran dan doa kami bersama para korban," ucapnya lewat Twitter.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop kini tengah berada di Bali untuk menghadiri pertemuan Bali Process. Dia mengirimkan informasi untuk setiap warga Australia di Lombok.

"Staf Kemenlu sedang berada dalam perjalanan dari Surabaya ke Lombok untuk membantu mereka yang membutuhkan dan melihat kerusakan yang terjadi. Warga Australia di Lombok dapat menghubungi para staf di Bandara Lombok atau pada nomor +623612000100," tutur Bishop di akun Twitter-nya.

Lombok dan Bali merupakan dua tujuan wisata populer bagi warga Australia.

Sementara itu, korban tewas akibat gempa 7,0 skala richter di Lombok mencapai 91 jiwa. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), para korban tewas karena tertimpa bangunan yang roboh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *