Internasional

PM Jepang akan Kunjungi Tiongkok Akhir Oktober

PM Jepang Shinzo Abe (kiri) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping (kanan). (Foto: Jiji Press).

Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan berkunjung ke Tiongkok akhir bulan ini. Ini merupakan kunjungan perdananya ke Tiongkok sebagai perdana menteri sejak 2011.

Kunjungan Abe akan dilakukan dari 25 hingga 27 Oktober dan menandai 40 tahun Perjanjian Damai dan Persahabatan antar dua negara.

"Kunjungan itu akan meningkatkan hubungan bilateral kami dan menempatkan kerja sama bilateral kembali ke jalur yang benar," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lu Kang, dilansir dari AFP, Jumat, 12 Oktober 2018.

Lu menambahkan kedua belah pihak akan bekerja sama menegakkan multilateralisme dan sistem perdagangan bebas. Pasalnya berbagai komentar muncul ketika Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) terperosok dalam perang dagang di pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) di Bali.

Sebenarnya Abe dan Presiden Tiongkok Xi Jinping telah bertemu beberapa kali selama beberapa tahun terakhir. Keduanya bertemu di sela pertemuan internasional.

Hubungan Beijing dan Tokyo memburuk pada 2012 karena sengketa teritorial beberapa pulau kecil Jepang di Laut China Timur. Abe mengambil posisi tegas pada kedaulatan Jepang yang memperparah ketegangan dengan Tiongkok.

Namun, ketegangan melunak usai Abe menyerukan pada Tiongkok untuk menekan Korea Utara menghentikan program nuklirnya. Bahkan, di Rusia bulan lalu, Abe secara terang-terangan mengundang Xi untuk datang ke Jepang.

"Melalui pertukaran kunjungan ini, saya berharap dapat meningkatkan hubungan Jepang dan Tiongkok ke tahap baru. Saya teguh dalam hal ini," tukasnya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close