PM Ukraina Oleksiy Honcharuk Mengundurkan Diri, Gegara Kritisi Presiden?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk, dikabarkan mengundurkan diri dari posisinya saat ini. Surat pengunduranya pun sudah dikirim ke Presiden Volodymur Zelenskiy pada Jumat (17/1/2020).

Namun, belum diketahui alasan Oleksiy mundur. Oleksiy juga mengabarkan pengunduranya tersebut melalui laman media facebooknya. Tetapi sejumlah isu menyebutkan, pengundurannya ini ada kaitanya dengan sikap kritisnya terhadap Presiden.

Berita Lainnya

“Saya sampai pada posisi memenuhi program Presiden. Bagi saya itu adalah model keterbukaan dan kesopanan,” kata Honcharuk di Facebook, mengutip alarabiya.

“Namun, untuk menghilangkan keraguan tentang rasa hormat dan kepercayaan kita kepada Presiden, saya menulis surat pengunduran diri dan menyerahkannya kepada Presiden dan berhak untuk menyerahkannya ke Parlemen,” tambahnya.

Diketahui, sebelum Oleksiy Honcharuk mengundurkan diri, tahun 2019 lalu,  Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman juga memilih mengundurkan diri sebagai sikap protes terhadap pembubaran parlemen oleh Presiden yang baru dilantik, Volodymyr Zelensky.

Zelensky yang merupakan pelawak berusia 41 tahun dilantik sebagai presiden Ukraina setelah mencetak kemenangan besar atas Petro Poroshenko dengan kampanye yang memanfaatkan ketidakpuasan di tengah kemiskinan dan korupsi.

Groysman secara resmi akan meninggalkan kantornya pada Rabu (22/5/2019). “Saya telah membuat keputusan untuk mengundurkan diri setelah mengadakan pertemuan dengan pemerintah berikutnya pada hari Rabu,” katanya saat briefing dengan wartawan di Kiev.[asa]

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *