Internasional

PM Vietnam ke Indonesia untuk Perkuat Kerja Sama Perdagangan

Direktur Asia Tenggara Kemenlu RI Denny Abdi. (Foto: Medcom.id/ Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada 12 Oktober mendatang. Pertemuan keduanya bertujuan meningkatkan perdagangan dan investasi.

"Kunjungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam ini bertujuan untuk meningkatkan perdagangan dan investasi," ucap Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri RI Denny Abdi dalam jumpa pers di Kemenlu, Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2018.

Menurut Denny, percepatan perkembangan Vietnam mirip dengan Indonesia. Karenanya, pertemuan tersebut bertujuan melihat potensi antarkedua negara.

Dia menambahkan tantangan kerja sama Indonesia-Vietnam berada pada jalur dagang kedua negara. "Karenanya kita harus memastikan produk kedua negara dapat masuk tanpa mengalami hambatan agar perdagangan masing-masing dapat meningkat," imbuh dia.

Selain masalah perdagangan, kedua pemimpin juga akan membahas mengenai masalah ekonomi, konektivitas dan kontribusi daya saing ASEAN.

Pada September lalu, Presiden Jokowi dan PM Nguyen menandatangani rencana aksi untuk lima tahun ke depan. Rencana aksi tersebut meliputi berbagai bidang, seperti ekonomi, perdagangan, investasi, maritim, sosial budaya dan kerja sama industri.

Indonesia dan Vietnam, imbuh Denny, juga akan mengembangkan potensi ekonomi digital dan informasi.

Vietnam merupakan salah satu negara ASEAN yang memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi dan jumlah masyarakat yang banyak. Negara ini masuk tiga besar jumlah penduduk terbanyak di ASEAN, setelah Indonesia dan Filipina.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close