PM Yunani Mengaku Bertanggung Jawab atas Kebakaran Maut

  • Whatsapp
PM Yunani Alexis Tsipras. (Foto: AFP)

Athena: Demi meredam amarah publik, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengaku bertanggung jawab penuh, Jumat 27 Juli 2018, atas kebakaran hutan mematikan yang telah menewaskan lebih dari 80 orang sepanjang pekan ini.

Pemerintah Yunani mendapat kecaman dari sejumlah pihak atas respons penanggulangan bencana yang dinilai lamban.

Muat Lebih

Kebakaran hutan ini menjadi marabahaya paling mematikan di Yunani dalam beberapa dasawarsa terakhir. Sejauh ini, kebakaran telah menewaskan sedikitnya 87 orang, melukai ratusan lainnya, dan menghancurkan lebih dari 2.000 rumah.

"Saya memanggil Anda ke sini tama untuk mengambil tanggung jawab politik penuh atas tragedi ini di depan kabinet dan rakyat Yunani," kata Tsipras pada konferensi pers, seperti disitir dari UPI, Sabtu 28 Juli 2018. 

"Saya tidak akan menyembunyikan fakta bahwa saya diliputi perasaan kacau. Rasa sakit, hancurnya kehidupan manusia secara tak terduga, dan secara tidak adil hilang begitu saja," ungkap dia.

Penyesalan Tsipras disampaikan menyusul kritik dari partai oposisi New Democracy, yang mengecam jajaran pemimpin Yunani karena tidak meminta maaf dalam konferensi serupa pada Kamis kemarin.

Citra satelit dan inspeksi lokasi di daerah hangus dekat Athena membuat para penyelidik Yunani yakin setidaknya beberapa titik api sengaja dikobarkan, bukan peristiwa alami.

"Kami memiliki indikasi serius dan temuan signifikan dari aktivitas kriminal mengenai kebakaran," kata Menteri Pekerjaan Umum, Nikos Toskas. "Kami terganggu oleh banyak faktor, dan ada temuan fisik yang menjadi subjek penyelidikan," cetusnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *