Polda Papua Setuju Adanya Pemekaran Wilayah

  • Whatsapp
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw

INDOPOLITIKA.COM – Kepolisian Daerah Papua (Papua) Inspektur Jenderal (Irjen) Paulus Waterpauw menyambut baik rencana Presiden Jokowi untuk pemekaran wilayah Provinsi papua.

“Kalau ada rencana untuk pemekaran kami setuju saja. Karena prinsipnya memperpendek kembali rentan pusat provinsi dan daerah-daerah,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga:

Paulus menilai selain mempermudah situasi pengamanan, Pemekaran wilayah juga dapat mempermudah akses pemerataan ekonomi antar wilayah.

Selain itu, mengenai kajian tentang pemekaran wilayah, Paulus mengaku, pihaknya sudah melakukan kajian terlebih dahulu untuk memastikan rencana pemekaran wilayah dapat dilaksanakan.

“Kita sementara menyesuaikan, dari inteligent ada kajian terpadu, ada komunitas Intelejen Daerah (Kominda),” katanya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian menyebutkan ada dua aspirasi yang masuk untuk pemekaran wilayah Papua, yakni di kawasan Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

Namun dari kedua kawasan itu, yang sudah siap menjadikan provinsi baru adalah Papua Selatan. Hal tersebut merupakan hasil kunjungan yang dilakukan Tito bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini ke Papua.

“Pemerintah pusat kemungkinan mengakomodir hanya penambahan 2 provinsi. Ini yang sedang kami jajaki. Yang jelas, Papua Selatan sudah oke,” kata Tito.

Beberapa wilayah di Papua Selatan yang akan masuk ke provinsi baru tersebut antara lain Kabupaten Mappi, Boven Digoel, Asmat, dan Merauke.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *