Polisi Bongkar Pabrik Sabu Senilai Rp 7,5 Miliar di Tangerang, Dua WNA Iran Diamankan

Tersangka WNA Iran yang diduga kuat memproduksi sabu di wilayah Tangerang.

INDOPOLITIKA.COM – Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mengungkap pabrik sabu di salah satu rumahan elit kawasan Tangerang, Banten. Barang bukti sabu sebarat 4,5 kilogram yang ditaksir mencapai Rp 7,5 milyar serta dua tersanga Warga Negara Asing (WNA) asal Iran berinisial BF dan FS diamankan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pengungkapan berawal dari informasi masyarakat. Berangkat dari informasi itu, petugas lantas melakukan penyelidikan dan didapat informasi bahwa laki-laki yang sedang dicari telah pindah ke Jl. Beringin Taman Cendana No. 25 Kel. Bencongan Kec. Kelapa Dua, Tangerang.

Mendapati informasi tersebut, penyidik narkoba Polres Metro Jakarta Barat bergerak ke lokasi yang berada di kawasan Tangerang. Di sana petugas mengamankan dua orang tersangka yang merupakan WNA asal Iran berinisial BF dan FS.

“Dari penggeledahan rumah tersangka disita barang bukti seperangkat alat produksi dan sabu seberat 4.5 kg. Barang bukti kalau di pasaran Rp 7,5 milyar,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri kepada wartawan dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (9/9/2021).

Diketahui tersangka BF dan FS ini sudah melakukan kegiatan tersebut sejak 2019. Yusri menyebut jika barang bukti yang diamankan merupakan sabu-sabu kelas satu. Dikatakan Yusri, bahan baku pembuatan narkotika jenis sabu itu dikirim oleh tersangka bernama Amir, WNA asal Turki yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) polisi.

Dalam pengiriman bahan baku, tersangka melakukannya dengan cara dimasukkan ke dalam gemuk kemudian dikirim melalui jasa penitipan barang.

“Menurut pengakuan tersangka, dari bahan baku sabu mentah seberat 55,68 Kilogram, bisa menghasilkan sekira kurang lebih 4,6 Kilogram,” kata Yusri.

Dari hasil produksi narkotika jenis sabu yang diproduksi kedua tersangka, lanjut Yusri, kemudian mereka edarkan di Jakarta dan Tangerang. [asa]

 


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.