Polisi Dukung Langkah Kominfo Blokir Situs Ilegal

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Polisi mendukung langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang melakukan pemblokiran terhadap situs web streaming bajakan atau ilegal, seperti IndoXXI (Lite) dan ribuan situs bajakan dan domain ilegal lainnya.

“Tentunya pihak kepolisian dalam hal ini mendukung sepenuhnya apa yang dilaksanakan secara teknis berdasarkan kewenangan dari kominfo,” kata Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol. Asep Adi Saputra di Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Berita Lainnya

Asep menuturkan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Kominfo. Bilamana terdapat pelanggaran hukum terkait hak atas kekayaan intelektual (HAKI), maka polisi tidak segan-segan untuk melakukan penegakan hukum lebih lanjut.

“Kita akan bekerja lebih lanjut bersama-sama kominfo,” ucap pria bergaya rambut klimis ini.

Sebelumnya, Kominfo telah menghapus lebih dari 1.000 laman terkait pembajakan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh IndoXXI.

Berdasarkan survei dari YouGov untuk Coalition Against Piracy (CAP) atau koalisi melawan pembajakan, pemblokiran tersebut telah dilakukan Kominfo dalam waktu enam bulan terkahir atau sekitar Juli 2019.

Dalam survei itu dijelaskan bahwa hampir 63 persen (dari 1.045 sampel) konsumen online di Indonesia memiliki perilaku menonton konten online dengan cara mengakses situs web streaming bajakan atau situs torrent demi tidak membayar biaya langganan. Dimana, IndoXXI merupakan aplikasi paling populer dan digunakan oleh 35 persen perangkat streaming gelap (ISD).[ab]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *