Internasional

Polisi Malaysia Keluarkan Surat Penangkapan Tokoh Kunci 1MDB

Jho Low. (Foto: The Star)

Kuala Lumpur: Kepolisian Malaysia kembali mengeluarkan surat penangkapan terhadap tokoh kunci skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB), Jho Low.

Kini tak hanya Low yang diincar, melainkan sang ayah yang bernama Larry Low Hock Peng juga diburu polisi. Larry dituding melakukan pencucian uang sebesar USD457 juta dalam transfer tunai antara tahun 2013 hingga 2014.

Hasil pencucian uang tersebut diduga untuk membeli yacht yang pernah singgah di Indonesia. 

"Surat perintah penangkapan keduanya sudah dikeluarkan oleh pengadilan Putrajaya," kata Direktur Investigasi Kepolisian Malaysia Amar Singh, dikutip dari Strait Times, Jumat 24 Agustus 2018.

Low, dikenal sebagai rekan dekat dari mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Bahkan kabarnya, Low sempat mendapat perlindungan khusus saat Najib masih menjabat sebagai PM.

Pada Juni 2018 lalu, polisi telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Jho Low yang dikabarkan kabur ke luar Malaysia.

Dalam komunikasi dengan polisi, Jho Low mengaku bersedia ditemui di Dubai. Namun, pertemuannya dengan polisi tak pernah terjadi hingga saat ini.

Low juga kabarnya sempat mencari perlindungan ke Thailand, Macau, Uni Emirat Arab serta beberapa negara lain yang tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Malaysia.

Setidaknya 4,5 miliar dolar Australia atau sekitar Rp48 miliar diselewengkan dari 1MDB termasuk melalui sistem keuangan Amerika Serikat. Selain itu, dana korupsi tersebut mengalir ke rekening pribadi Najib. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close