Polisi Tangkap Youtuber Prank Daging Kurban Berisi Sampah

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Polisi akhirnya menetapkan youtuber Edo Putra dan temannya berinisial DF sebagai tersangka dan kini ditahan setelah viralnya video aksi membagikan daging kurban ke seorang ibu ternyata isinya sampah.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadi mengatakan, penetapan tersangka ini berdasarkan hasil penyelidikan dari tim Cyber Polrestabes Palembang terhadap konten video Youtube di akun Edo Putra. Video tersebut memuat konten prank daging qurban berisi sampah.

Berita Lainnya

“Benar, pelaku sudah kita amankan,” ucap Kombes Pol Anom Setyadji, kepada awak media, Minggu (2/8/2020).

Menurut kapolres, proses pembuatan video tersebut melibatkan enam orang. Empat di antaranya terlibat dalam proses pembuatan video, sedangkan dua orang sebagai host dari video tersebut.

Penetapan status tersangka ini setelah Tim Cyber Polrestabes Palembang menyimpulkan adanya perbuatan pidana dalam konten video tersebut. Di antaranya memuat dan menyebarkan berita bohong dan pelanggaran kesusilaan.

“Dua orang jadi tersangka (EP dan DF), yang lain masih saksi,” kata Anom Setyadi.

Polisi, lanjut Anom, masih terus mengembangkan penyidikan kasus ini dengan memeriksa saksi dan pihak yang terlibat dalam proses pembuatan video tersebut. Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain dalam kasus ini.

“Kemungkinan bisa bertambah, kami akan lakukan pemeriksaan saksi lain,” ujarnya.

Terkait kasus ini, polisi sudah menahan dua tersangka berikut barang bukti akun email, akun media sosial yang bersangkutan, serta alat bukti lain untuk menyebarkan berita bohong dan pelanggaran kesusilaan.

Kedua tersangka dijerat Pasal 4 ayat 1 dan 2 KUHP tentang berita bohong dengan ancaman 10 tahun penjara. Kemudian, Undang Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang distribusi konten yang melanggar kesusilaan dengan ancaman 12 tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, Edo Putra mengunggah video dengan judul ‘PRANK BAGI DAGING KE EMAK-EMAK ISINYA SAMPAH #THEREALPRANK’ tepat pada Hari Raya Idul Adha.

Kemudian, Edo mendapatkan seorang ibu yang menjadi korbannya. Bahkan, saat itu pria ini meminta orang tersebut untuk tidak membuka kantong plastik berisi sampah yang diduga daging kurban.

Terakhir, dalam video yang tidak disukai hampir 135 ribu orang di YouTube itu, Edo Putra pun membuat pernyataan yang membuat warganet geram.

“Makanlah sampah itu guys, sampah-sampah masyarakat itu guys,” ujar Edo sambil tertawa. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *