Polisi Tetapkan 13 Tersangka Baru Kerusuhan Wamena, 3 Orang Buron

  • Whatsapp
Kerusuhan di Papua Wamena, akhir September 2019.

INDOPOLITIKA.COM – Polri kembali menambah jumlah tersangka kasus kerusuhan di Wamena, Papua, yang meletus pada akhir September lalu. Kini, Polri menetapkan 13 orang tersangka. 10 orang diantaranya ditahan, 3 orang DPO alias buron.

Hal ini disampaikan oleh Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol. Asep Adi Saputra. “Mereka ini, secara keseluruhan 13 ini, aktivitasnya itu melanggar hukum karena menghasut orang lain agar melakukan kejahatan, disangkakan pasal 160 KUHP,” ungkap Asep, Senin (7/10/2019).

Baca juga:

Asep melanjutkan, ke-13 tersangka itu juga terlibat dalam aksi perusakan barang dan penyerangan terhadap orang secara bersama-sama di muka umum. Kepolisian menjerat pasal 170 KUHP kepada mereka.

“Dan, diantara mereka juga terlibat pembakaran, dipersangkakan pasal 187 KUHP. Inilah kemudian yang menjadi dasar mereka diproses di penegakan hukum,” ujarnya.

Dari peristiwa tersebut juga, lanjut Asep, kepolisian telah mengamankan beberapa barang bukti oleh penyidik yakni, 34 buah batu yang digunakan untuk menyerang, 1 unit motor yang sudah terbakar, dan 1 unit kendaraan Hi-Lux.

“Dan juga ada rekaman video. Rekaman video ini yang kita sita sebagai bukti petunjuk, dan juga kita sedang dalami ini yang kemudian diviralkan menjadi berita hoaks,” pungkas Asep. (rma)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *