Polri Bakal Rilis Smart SIM, Bisa Buat Alat Pembayaran Loh!

  • Whatsapp
Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri saat menunjukkan Smart SIM

INDOPOLITIKA – Terobosan baru dilakkukan Polri. Dalam waktu dekat, Korlantas Polri akan mengeluarkan SIM baru yang dinamakan Smart SIM. Nantinya, SIM tidak lagi sekadar bukti registrasi dan identifikasi pengemudi, tapi juga bisa jadi alat pembayaran.

“Nanti mulai tanggal 22 September 2019 (saat Hari Lalu Lintas Bhayangkara akan kita lakukan grand launching) yang saat itu berlaku di seluruh Indonesia,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri usai rapat Kordinasi Samsat Nasional di Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8).

Baca Juga:

Refdi mengatakan, Smart SIM juga bisa digunakan untuk menyimpan uang, layaknya e-money, sehingga dapat diintegrasikan ke semua pembayaran termasuk belanja di supermarket.

“Smart SIM dapat berfungsi sebagai e-money dengan saldo maksimal Rp 2 juta dan dapat diisi oleh pemegang SIM,” ujar Refdi.

Sebagai tahap awal, Smart SIM sudah dikenalkan 22 Agustus lalu di Bekasi. Bila tidak aral melintang, Smart SIM bakal diluncurkan pada 22 September 2019 mendatang bertepatan dengan Hari Lahir Lalu Lintas Bhayangkara ke-64.

Usai diluncurkan, nantinya SIM ‘pintar’ akan melakoni uji coba, baik sebagai alat pembayaran maupun bukti fisik perizinan berkendara.

Karena memiliki uang dengan nominal tertentu, nantinya Smart SIM juga akan mempermudah proses penilangan. Jadi, saat kedapatan melanggar aturan lalu lintas, SIM tidak lagi ditahan sampai pelanggar benar-benar membayar denda, nantinya petugas akan langsung memotong saldo di dalam SIM untuk pembayaran dendanya lewat mesin EDC.

Tak hanya itu, Polri juga akan membenamkan chip untuk keperluan data forensik dan rekam jejak pelanggaran yang dilakukan pemilik Smart SIM.

“Semua data forensik kepolisian ada pada chip, jadi SIM itu ada chip-nya, dengan kapasitas tertentu yang kami siapkan, semua data forensik itu ada, sebagaimana data identitas kependudukan,” tambahnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *