Polri: Sudah Ada 1.371 Kerumunan Massa Dibubarkan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Seminggu berjalannya maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis mengenai pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, Sebanyak 1.371 kerumunan telah dilakukan pembubaran oleh aparat kepolisian hingga hari ini.

“Jadi kita telah membubarkan sebanyak 1.371 kerumunan massa yang terdapat di semua wilayah hukum Polda,” Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono melalui konferensi pers online di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Berita Lainnya

Dia menjelaskan, pembubaran kerumunan massa tersebut dilakukan dengan melibatkan TNI dan pemerintah daerah. Selain itu, aparat juga menyampaikan imbauan agar masyarakat tetap berada di rumah untuk membantu menekan penyebaran Covid-19.

Argo mengatakan, aparat menyampaikan edukasi agar masyarakat memahami bahaya coronavirus dan cara-cara penularannya. Dia berharap masyarakat tetap berada di rumah agar jumlah penularan coronavirus tidak terus meningkat.

“Kami mengimbau kembali agar masyarakat disiplin tetap berada di rumah dan tidak melakukan pengumpulan massa,” tutur Argo.

Untuk diketahui, Polri mengerahkan 460.000 personel di seluruh Polda untuk melakukan pembubaran massa dalam penanganan Covid-19. Masyarakat yang bandel akan disanksi tegas dengan pasal berlapis, yakni 212, 216 dan 218 KUHP.

“Bila ada masyarakat yang membandel, yang tidak mengindahkan perintah personel yang bertugas untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, kami akan proses hukum,” kata Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen M. Iqbal di Mabes Polri, Senin (23/3/2020). [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *